Flyover Pancoran Sudah Bisa Dijajal Besok Pagi

ANTARA , CNN Indonesia | Minggu, 14/01/2018 17:56 WIB
<i>Flyover</i> Pancoran Sudah Bisa Dijajal Besok Pagi Proses pembangunan jalan layang Pancoran. Flyover Pancoran akan diujicoba Senin (15/1). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalan layang atau flyover Pancoran, Jakarta Selatan, bakal dibuka untuk diuji coba Senin (15/1) besok. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno hari ini mengecek kesiapan flyover Pancoran untuk memastikan uji coba besok berjalan lancar.

"Hari ini kami meninjau sudah siap, untuk dibuka besok Alhamdulillah. Mudah-mudahan tidak hujan, sehingga pekerjaan akhir dari marka jalan selesai. Mampang Prapatan sudah tersambung semuanya tinggal kita poles sedikit kiri-kanannya," kata Sandiaga di Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (14/1).

Flyover Pancoran sudah bisa dijajal oleh publik besok pagi. Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI untuk memantau kondisi lalu lintas di Pancoran besok.

"Besok kami berkoordinasi dengan Pak Halim (Pragara) dan teman-teman Dirlantas dan Dishub, Pak Andriansyah. Tadi sudah konsultasi sama pak Sekda juga. Kami akan buka Insya Allah jam 06.00 WIB," kata Wagub.


Sandiaga mengatakan, pembukaan uji coba flyover tidak melalui seremonial. Dia menyebut warga Jakarta sudah tak sabar menjajal jalan layang Pancoran.

"Ini mudah-mudahan bisa membantu agar kemacetan sedikit teratasi di Jakarta," kata Sandiaga.

Sandiaga berharap pembukaan jalan layang bisa mengurai kemacetan di kawasan Pancoran.

"Kami akan sangat beruntung kalau berkurang antara 15 -17 persen tapi kita ingin nanti kerja sama dari proyek LRT yang di bawah, karena ini nyambung dua ke sini tapi begitu sampai di bawah, nyatu lagi. Jadi kalau misalnya bisa ada toleransi sedikit direkayasa ke kiri, sedikit diperlebar," kata Sandiaga.

Flyover Pancoran digarap PT Nindya Karya ketika Jakarta masih di bawah kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Jalan layang yang mengarah dari Pancoran ‎ke arah Semanggi itu menghabiskan anggaran Rp 141 miliar dengan panjang 840 meter dan lebar 9 meter.

(gil)