Jokowi Resmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno

Patricia Diah Ayu Saraswati & Christie Stefanie, CNN Indonesia | Minggu, 14/01/2018 19:02 WIB
Jokowi Resmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno Presiden Jokowi meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (14/1) malam.

"Stadion Utama Gelora Bung Karno saya nyatakan diresmikan dan dimulai penggunaannya," kata Jokowi.

Dalam acara peresmian tersebut, Jokowi didamping oleh sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, dan lainnya.


Peremsian SUGBK tersebut dilakukan sebelum pertandingan Tim Nasional Indonesia melawan Islandia. Pertandingan tersebut sekaligus menandai dimulainya penggunaan SUGBK setelah direnovasi.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) direnovasi oleh pemerintah untuk dipersiapkan sebagai salah satu sarana olah raga utama ajang Asian Games XVIII tahun 2018.

Sejumlah fasilitas dan sarana di SUGBK mengalami banyak perubahan, di antaranya pencahayaan, sistem drainase, hingga perubahan kursi penonton menjadi single sitter.

SUGBK juga kini menerapkan rumput jenis Zoysia matrella dilengkapi alat penyiram rumput otomatis hingga sistem drainase antibanjir (zero run-off).

Renovasi SUGBK dilakukan sejak Agustus 2016 oleh Kementerian PUPR dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa Kerja Sama Operasi (KSO) dengan nilai kontrak Rp 769,7 miliar. Sedangkan konsultan manajemen konstruksi adalah PT Deta Decon dan PT Multi Karadiguna Jasa KSO dengan nilai kontrak Rp 10,2 miliar. (gil)