Airlangga Resmi Umumkan Bamsoet Sebagai Ketua DPR

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Senin, 15/01/2018 09:54 WIB
Airlangga Resmi Umumkan Bamsoet Sebagai Ketua DPR Bambang Soesatyo resmi dipilih Partai Golkar untuk menggantikan Setya Novanto sebagai Ketua Umum DPR RI. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto secara resmi mengumumkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

"Setelah diadakan komunikasi dalam lingkungan strategis dan politik, maka saudara Bambang Soesatyo lah yang ditetapkan mengisi jabatan Ketua DPR setelah Pak Setya Novanto," kata Airlangga di Gedung DPR, Jakarta, Senin (15/1).

Airlangga mengatakan, dari sejumlah nama yang beredar di publik, semuanya layak menduduki posisi Ketua DPR. Bambang Soesatyo sendiri dipilih karena dinilai Airlangga memiliki pengalaman, konsep ide dan gagasan untuk memimpin DPR menggantikan Setnov.

Apalagi kata Airlangga, Golkar memahami posisi Ketua DPR yang tinggal menyisakan satu setengah tahun dan telah memasuki tahun politik di 2018 dan 2019.


Selain itu, Bambang yang juga Ketua Komisi III DPR ini dianggap dapat menjalin komunikasi yang baik karena sebelumnya pernah berprofesi sebagai wartawan.

"DPR menjadi sorotan. Bukan menguntungkan, kinerja diminta ditingkatkan, untuk memperbaiki citra," katanya.

Di sisi lain, Bambang mengatakan bahwa tugas pokok utama ketika nanti resmi dilantik adalah menyelesaikan kesimpulan dan rekomendasi Pansus Angket KPO dan revisi UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

Sebelumnya Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie atau yang disapa Ical menyatakan dukungannya terhadap pencalonan politisi Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai ketua DPR RI menggantikan terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto.

Dukungan itu Ical sampaikan setelah rapat pleno internal dewan pembina Golkar di Bakrie Tower, Epicentrum, Jakarta Selatan, pada Minggu (14/1) malam.

"Berdasarkan konsultasi dan pertimbangan-pertimbangan yang saya sampaikan, maka wanbin Partai Golkar dapat menyetujui dan mendukung penetapan Bambang Soesatyo sebagai ketua DPR RI," ujar mantan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan zaman SBY itu.

(vws)