Kepala UPT Museum Bahari: Bangunan yang Terbakar di Gedung C

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Selasa, 16/01/2018 18:50 WIB
Kepala UPT Museum Bahari: Bangunan yang Terbakar di Gedung C Kepala UPT Museum Bahari Husnizon Nizar mengatakan bangunan yang terbakar adalah Gedung C. Kerusakan paling berat akibat kebakaran adalah lantai dua. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu gedung di komplek Museum Bahari, Jakarta, terbakar pada pagi tadi. Api diketahui muncul menjelang pukul 09.00 WIB. Sekitar dua jam kemudian, api berhasil dijinakkan para petugas pemadam kebakaran.

Kepala UPT Museum Bahari Huznizon Nizar mengatakan, bangunan yang terbakar adalah Gedung C. Di Gedung tersebut, katanya, lokasi yang mengalami kerusakan paling berat akibat kebakaran adalah lantai dua.

Pria yang diakrab Sonni ini menjelaskan, koleksi museum yang berada di gedung yang terbakar tersebut.


"Di lantai 1 Gedung C itu adalah tempat koleksi alat-alat navigasi laut seperti mercusuar, dan rambu-rambu laut lainnya, dan juga alat-alat lain berkaitan dengan transportasi laut," ujar Sonni di museum yang terletak di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara tersebut, Selasa (16/1).

Selain itu, sambung Sonni, di lantai satu Gedung C juga terdapat miniatur perahu tradisional. Lalu di blok dua gedung tersebut terdapat ruang pameran perang laut Jawa.


Data Koleksi di Gedung Museum Bahari yang TerbakarGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) meninjau langsung upaya pemadaman kebakaran di Museum Bahari, Jakarta Utara. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Sonni menerangkan, di sana terdapat benda-benda yang disumbangkan kedutaan-kedutaan besar negara sahabat yang bekerja sama dengan Museum Bahari.

"Itu Kedutaan Amerika, Kedutaan Inggris, Kedutaan Australia, dan Belanda," katanya.

Sonni mengatakan, komplek museum itu baru sekitar setahun lalu diresmikan kembali setelah direnovasi pada 27 Februari 2017 oleh Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

Sejauh ini, belum diketahui apa penyebab kebakaran di gedung tersebut. Sonni mengaku petugas museum sudah berhadapan dengan asap sehingga tak jelas titik mula api di mana. (kid/djm)