Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Riwayat Hobi Mobil Mewah

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Kamis, 18/01/2018 22:50 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Riwayat Hobi Mobil Mewah Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, koleksi sejumlah mobil dan motor mewah adalah bagian dari hobi yang juga hasil kerja kerasnya. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo (56) alias Bamsoet, yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPR, lekat dengan citra sebagai pencinta kendaraan mewah. Ini disebut sebagai penyaluran hobi yang tak lepas dari kerja kerasnya sejak muda.

Bamsoet menuturkan, riwayatnya membeli kendaraan mewah dimulai setidaknya sejak menjadi wartawan Harian Prioritas, pada 1985, dengan membeli mobil Volvo. Ketika itu, mobil tersebut sudah terbilang sangat mewah.

Ia juga sudah mampu membeli telepon seluler di saat Pemimpin Redaksi Harian Prioritas saat itu belum bisa.


"Bukannya saya sombong. Artinya, memang saya ada keinginan kuat untuk mengubah hidup dengan bekerja keras," ujar Bamsoet, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (18/1).

Namun, ketika ditanya jumlah koleksi mobil mewahnya saat ini, Bamsoet justru meminta kepada awak media untuk melihatnya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya. Dia menegaskan bahwa itu merupakan hobinya.

"Itu hanya buat hobi, buat kesenangan pribadi. Sama seperti Anda (jika ditanya) punya cewek berapa? Kan Anda enggak bisa jawab," kilahnya.

Bamsoet hanya menyebut koleksi baru di garasinya. Yakni, mobil listrik Tesla yang disebutnya ramah lingkungan dan tanpa perlu ada perawatan.

[Gambas:Instagram]

Berdasarkan data LHKPN tahun 2016, Bambang tercatat memiliki sejumlah kendaraan bermotor mewah yang nilainya mencapai Rp18 miliar. Di antaranya, dua motor Harley Davidson, mobil Hummer H2, Land Rover, Toyota Vellfire, Bentley, Jeep Rubicon, Porsche Cayenne, Ferrari California, Rolls Royce, Mercedez Benz, dan Toyota Fortuner.

Pria juga yang menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Jawa II ini juga tercatat sebagai anggota Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dan Harley Davidson Owner Gruop (HOG) Chapter Jakarta.

Untuk menunjang hobinya itu, Bamsoet juga mengakui bahwa setiap akhir pekan ia menyempatkan diri ke bengkel untuk melakukan perawatan atau menambah variasi di mobilnya.

"Tiap minggu pasti saya ke bengkel ngotak-ngatik, ganti velg, ganti apa gitu. Punya hobi," aku dia.

[Gambas:Instagram]

Pada 2016, Bambang juga pernah dikaitkan dengan jet pribadi. Hal itu terjadi karena fotonya bersama bekas Ketua DPR Ade Komarudin alias Akom, yang saat itu hendak mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar di Munaslub, di Bali, tersebar.

Ketika itu, bersama keduanya, tampak sejumlah politikus 'Beringin' seperti Misbakhun, Firman Subagyo, MS. Hidayat, dan Markus Nari. Untuk menepis tudingan gratifikasi, Akom mengaku, jet itu adalah milik perusahaan Bamsoet.

Terkait hal tersebut, Bamsoet mempersilakan publik melihat sendiri karena ia tidak berusaha menutupi hal tersebut.

"Saya adalah pribadi yang terbuka. Kalau mau lihat ada macam-macam lewat di instragam saya aja. Beredar soal itu saya pake private jet dan segala macam," ucap dia.

[Gambas:Instagram]

Menyesuaikan Diri

Meski demikian, Bambang mengklaim berusaha menyesuaikan gaya hidupnya setelah menjabat sebagai Ketua DPR selama hampir dua tahun ke depan. Salah satunya dalam hal pemilihan mobil yang digunakan.

"Saya pakai mobil apa tuh, Fortuner," ucapnya.

Berdasarkan data LHKPN tahun 2016, Bambang Soesatyo memiliki kekayaan senilai Rp62.741.853.941 dan US$211.026.


Kekayaan Bamsoet meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2010. Dalam LHKPN tahun 2010, kekayaan Bamsoet tercatat Rp24.116.034.728 dan US$20.095.

Lonjakan kenaikan kekayaan Bambang paling banyak bersumber dari Tanah dan Bangunan. Pada tahun 2010 jumlah harta tak bergerak (tanah dan bangunan) milik Bambang hanya Rp8,7 miliar. Enam tahun kemudian, nilai tanah dan bangunan itu naik menjadi Rp38,7 miliar.

(arh)