Fahri Hamzah: Bamsoet Sudah Kaya Sejak Awal

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Jumat, 19/01/2018 18:38 WIB
Fahri Hamzah: Bamsoet Sudah Kaya Sejak Awal Ketua DPR Bambang Soesatyo menjadi sorotan karena memiliki koleksi mobil mewah dan jet pribadi. (Detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membela koleganya Bambang Soesatyo yang baru saja menjabat Ketua DPR. Bambang alias Bamsoet tengah menjadi sorotan publik karena memiliki koleksi mobil mewah dan jet pribadi.

"Publik harus diberi tahu bahwa Pak Bambang itu memang sudah kaya sejak awal. Dan saya dengar itu foto-fotonya, foto-foto lama," kata Fahri dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (19/1).

Fahri menilai, keterbukaan kehidupan Bamsoet merupakan hal yang positif. Keterbukaan itu menurutnya karena latar belakang Bamsoet yang merupakan mantan wartawan.



"Tidak ada salah menjadi mantan orang kaya atau bekas orang kaya, karena justru yang masalah adalah orang yang miskin lalu menjadi kaya karena kekuasaan," ujarnya.

Dia pun meminta agar publik membiasakan diri untuk melihat persoalan ini secara adil, dan jangan selalu cenderung berpikir negatif.

Di sisi lain, Fahri meminta agar Bamsoet tetap menjadi dirinya sendiri, dan tidak perlu berubah hanya karena mendapat sorotan publik. Bamsoet dinilai lebih baik berterus terang dan juga sadar bahwa semakin tinggi jabatan, angin akan bertiup lebih kencang.

"Dan dia harus tegar terutama dalam memimpin DPR ini, kan kelihatan juga masyarakat lihat pemimpin yang tegar, tidak mudah goyang," katanya.


"Saya mengharapkan Pak Bambang tidak perlu berubah, yang penting dia tetap terbuka dan sadar bahwa sebagai pejabat publik memang kita selalu dalam sorotan," ujarnya.

Bamsoet, yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPR, lekat dengan citra sebagai pencinta kendaraan mewah. Ini disebut sebagai penyaluran hobi yang tak lepas dari kerja kerasnya sejak muda.

Berdasarkan data LHKPN tahun 2016, Bambang tercatat memiliki sejumlah kendaraan bermotor mewah yang nilainya mencapai Rp18 miliar. Di antaranya, dua motor Harley Davidson, mobil Hummer H2, Land Rover, Toyota Vellfire, Bentley, Jeep Rubicon, Porsche Cayenne, Ferrari California, Rolls Royce, Mercedez Benz, dan Toyota Fortuner.

Pria juga yang menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Jawa II ini juga tercatat sebagai anggota Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dan Harley Davidson Owner Gruop (HOG) Chapter Jakarta.


Bamsoet juga tercatat memiliki kekayaan senilai Rp62.741.853.941 dan US$211.026. Kekayaan Bamsoet meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2010. Dalam LHKPN tahun 2010, kekayaan Bamsoet tercatat Rp24.116.034.728 dan US$20.095.

Lonjakan kenaikan kekayaan Bambang paling banyak bersumber dari tanah dan bangunan. Pada tahun 2010 jumlah harta tak bergerak (tanah dan bangunan) milik Bambang hanya Rp8,7 miliar. Enam tahun kemudian, nilai tanah dan bangunan itu naik menjadi Rp38,7 miliar. (pmg)