OSO Angkat Suara soal Penggelapan Dana Rp200 Miliar

Dinda Audriene, CNN Indonesia | Senin, 22/01/2018 06:03 WIB
OSO Angkat Suara soal Penggelapan Dana Rp200 Miliar Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang membantah telah menggelapkan dana partai Rp200 miliar. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang alias OSO angkat suara tentang tuduhan pengurus DPP Hanura kubu Marsekal Madya (Purn) Daryatmo kepadanya tentang dugaan penggelapan dana partai senilai Rp200 Miliar.

Menurut OSO, tuduhan tersebut merupakan fitnah karena tidak disertai dengan bukti.

"Mereka tidak punya bukti, justru saya punya bukti bahwa mereka punya uang dari peserta kok," kata OSO di Hotel Manhattan, Jakarta, Minggu (21/1).
Partai Hanura kubu Daryatmo berencana melaporkan OSO ke polisi karena dugaan penggelapan dana ratusan miliar tersebut. Tak hanya itu, kubu Daryatmo juga akan mengadu ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menyelidiki sumber dana yang masuk ke OSO Sekuritas.


OSO dituduh telah menggelapkan dana partai sejak menjadi Ketua Umum (Ketum) Hanura pada tahun 2016 lalu. Penggelapan dana ini berasal dari calon kepala daerah, dana kesatuan, bangka, dan politik (kesbangpol), dan partisipasi anggota DPRD di sejumlah daerah. Uang tersebut dialihkan ke rekening perusahaan milik OSO, yakni OSO Securities.

OSO menampik semua tuduhan itu dan berencana menunjuk auditor untuk mengecek penerimaan dan pengeluaran partai Hanura periode 2010-2015 dan periode 2015-2020. Audit itu untuk membuktikan bahwa tuduhan kepadanya tidak benar.

"Ini atas permintaan dewan pendiri agar dilakukan audit, saya setuju sekali. Hal yang menjadi fitnah akan menjadi jelas," ungkap OSO.

Tak tanggung-tanggung, ia akan membentuk tim auditor secara internal dan menunjuk tim auditor dari eksternal. OSO sengaja membuat dua tim auditor sekaligus guna memberikan bukti sejelas-jelasnya.

Demi meredakan seluruh persoalan ini, OSO bakal memaparkan hasil audit secepatnya. Namun begitu, ia belum bisa memprediksi kapan hal tersebut akan dilakukan.
(ugo)