DKI dan Depok Cari Solusi Perbaikan Jembatan 'Indiana Jones'

DHF, CNN Indonesia | Selasa, 23/01/2018 12:34 WIB
DKI dan Depok Cari Solusi Perbaikan Jembatan 'Indiana Jones' Warga melintasi jembatan gantung di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Selasa (23/1). Pemprov DKI dan pemkot depok akan bicara soal perbaikan jembatan ini, Rabu (23/1). (Foto: CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengundang Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk membicarakan perbaikan jembatan gantung 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

"Nanti akan ada semacam kesepahaman. Kami bahas di (kantor) Wali Kota Jakarta Selatan. Rencananya Rabu (24/1)," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (23/1).

Pada pertemuan itu, pihaknya berencana membicarakan desain, proses administrasi, dan segala hal terkait perbaikan jembatan gantung di RT 11 dan 12, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, itu.


Pembicaraan ini dilakukan karena dua jembatan tersebut berada di perbatasan Jakarta Selatan dan Depok. Tepatnya, di titik yang menghubungkan Kampung Sawah Bambon di Jakarta Selatan dan Kelapa Dua di Depok. Sebenarnya ada satu jembatan gantung di RT 06 tapi sudah tidak digunakan sejak hanyut diterjang banjir pada 2006.


Dua jembatan yang sempat dikunjungi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Minggu (21/1), ada di RT 11 dan 12. Dua jembatan Indiana Jones ini dibangun dari swadaya warga dan suntikan bantuan Pemerintah.

Dua jembatan itu memiliki panjang sekitar 40 meter. Di sisi jembatan, dihubungkan dengan sling baja yang disangkutkan di pohon besar di masing-masing sisi.

Tuty Rohati, warga setempat, berharap perbaikan jembatan bisa dilakukan segera. Dua jembatan gantung tersebut, kata dia, biasa digunakan warga untuk pergi bersekolah dan berkunjung ke rumah sanak saudaranya. Masih banyak warga Kampung Sawah Bambon dan Kelapa Dua yang memiliki pertalian darah.


"Kalau tidak lewat situ, harus muter jauh lewat jalan raya Akses UI, belok di perempatan ke arah Kompleks Hankam," ujar Tuty menjelaskan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno telah berjanji segera memperbaiki jembatan Indiana Jones. Perbaikan jembatan itu diprediksi memakan waktu hitungan bulan.

"Rencananya akan segera dieksekusi, memakan waktu satu sampai dua bulan karena memang sudah tertunda bertahun-tahun," kata Sandi di Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1).

(arh)