Cegah Urbanisasi, Sandiaga Hanya Latih Tukang Becak Terdaftar

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Jumat, 26/01/2018 11:39 WIB
Cegah Urbanisasi, Sandiaga Hanya Latih Tukang Becak Terdaftar Dua pengemudi becak di Pasar Bahari, Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (20/1). Pemprov DKI berencana menggelar pelatihan bagi tukang becak yang terdaftar. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan menggelar pelatihan khusus untuk pengemudi becak di Jakarta. Pelatihan ini hanya akan diberikan kepada para tukang becak yang telah terdaftar di Dinas Perhubungan DKI Jakarta demi mencegah urbanisasi.

“Iya akan ada pelatihan khusus nanti (untuk becak),” kata dia, di kantor Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Jakarta, Jumat (26/1).


Saat ini, Sandi mengklaim Pemprov DKI telah memegang data semua becak yang ada di Jakarta. Data itu menurutnya berguna untuk mencegah urbanisasi becak-becak dari daerah ke Jakarta.


“Enggak dong, udah case closed. Sudah semua sudah di data di Dinas Perhubungan,” aku dia.

Namun, saat ditanya tentang jumlah tukang becak yang ada di Jakarta, Sandi tidak menjawab dengan pasti. Dia hanya menyebut bahwa di tiap wilayah jumlahnya itu berbeda-beda.

"Ya jumlahnya berbeda semua tiap daerah,” ucapnya.


"Becak ini pokoknya sudah kami kunci, nanti akan ada pelatihan salah satunya pelatihan standar pelayaan, olahraga gimana cara genjot yang bagus,” tandas Sandi.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berkukuh untuk memberi izin bagi tukang becak untuk beroperasi kembali di jalanan non-protokol ibu kota. Menurut Guebrnur DKI Jakarta Anies Baswedan, hal itu merupakan wujud pemenuhan kontrak politik dengan warga.

[Gambas:Video CNN] (arh/arh)