Sandiaga Imbau Warga Sadar Perlindungan Sosial Tenaga Kerja

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Senin, 29/01/2018 02:22 WIB
Sandiaga Imbau Warga Sadar Perlindungan Sosial Tenaga Kerja Sandiaga mengutarakan agar warga Jakarta menyadari pentingnya bpjs ketenagakerjaan (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menginginkan agar warga Jakarta sadar tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan. Hal tersebut diutarakannya usai menghadiri kegiatan Pengenalan Pencanangan Kelurahan Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di RPTRA Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (28/1).

Sandiaga menghadiri acara pencanangan tersebut dengan didampingi oleh Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi dan Direktur BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Hafiz Achmad. Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah masyarakat dari Kelurahan Cipete Utara.

"Hari ini saya terimakasih sama Pak Hafiz dan teman-teman BPJS Ketenagakerjaan, ini kolaborasi yang kita memang ingin wujudkan di seluruh wilayah Jakarta bahwa ada perlindungan sosial, jaminan sosial ketenagakerjaan untuk seluruh warga Jakarta," ujarnya.


Jaminan tersebut, kata Sandiaga, untuk memudahkan masyarakat khususnya pekerja dalam mendapatkan fasilitas kesehatan saat terkena musibah atau kecelakaan kerja.

Sandiaga menilai, kecelakaan kerja dapat menjadi salah satu pemicu kemiskinan karena biaya pengobatan yang besar jika tidak memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

"Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan ada jaminan sosial, ada jaminan kesejahteraan dari pemerintah. Musibah ada di sekitar kita, keselamatan kerja selalu kita dorong, seandainya musibah terjadi kita ingin semua tercover," tuturnya.

Sementara itu Tri mengklaim, hampir 70 persen masyarakat di Jakarta Selatan telah memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut pun sudah disosialisasikan kepada seluruh rukun tetangga dan rukun warga yang ada di Jaksel.

"RT di Jaksel sudah masuk BPJS semua, RT dan RW sudah pakai BPJS. Kecamatan hampir 70 persen yang lain akan susul semua," tuturnya. (eks/eks)