Jalan Warung Jati Barat Akan Diubah Jadi Jalan AH Nasution

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Senin, 29/01/2018 16:49 WIB
Jalan Warung Jati Barat Akan Diubah Jadi Jalan AH Nasution Jalan Warung Jati Barat akan diubah menjadi Jalan Jenderal Besar Abdul Haris Nasution. (ANTARA FOTO/M Ali Wafa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalan Warung Jati Barat, Mampang, Jakarta Selatan diusulkan diganti menjadi Jalan Jenderal Besar Adul Haris Nasution. Perubahan ini diketahui berdasarkan surat edaran bernomor 53.11.811.2 dengan subjek surat disebutkan terkait dengan perubahan nama Jalan. 

Dalam surat itu disebut bahwa sesuai dengan instruksi Wali Kota administrasi Jakarta Selatan nomor 3 tahun 2018 tentang pelaksanaan kajian dan sosialisasi atas permohonan perubahan nama jalan dan meminta pihak terkait untuk memberikan persetujuan. 

Jalan Warung Jati Barat yang akan berubah nama memanjang dari simpang Mampang di Jalan Gatot Subroto hingga lampu merah Ragunan di Jalan Letjen TB Simatupang.


Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi pun membenarkan hal tersebut. Tri menyebut perubahan nama itu memang masih dalam proses, namun pihaknya telah bersurat ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait permohonan itu. 

“Pak Anies sudah disurati kok,” kata Tri saat dihubungi melalui telepon, Senin (29/1).

Permohonan perubahan nama ini diakui Tri bermula dari Ikatan Keluarga Nasution yang meminta agar nama eyang buyutnya dimasukan dalam nama-nama jalan di Jakarta. 

“Ada Ikatan Keluarga Nasution minta agar kawasan Buncit itu diubah namanya jadi nama Jendral Nasution itu,” kata Tri. 

Saat ini jadi tidaknya perubahan nama, menunggu keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. “Nanti ada sidangnya, tergantung keputusan provinsi,” kata dia. 

Abdul Haris Nasution adalah satu dari tiga jenderal yang memperoleh gelar Jenderal Besar. Dua jenderal lainnya adalah Soerharto dan Soedirman.

AH Nasution lolos dari upaya percobaan penculian dalam tregedi 1965. Ia pernah mendudiki jabatan Menteri Pertahanan Keamanan dan Kepala Staf Angkatan Darat. (sur)