Susi Minta Anies Gratiskan Pantai untuk Warga Jakarta

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Kamis, 08/02/2018 16:43 WIB
Susi Minta Anies Gratiskan Pantai untuk Warga Jakarta Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti meminta Gubernur Anies Baswedan menggratiskan pantai di Jakarta agar dia bisa bermain paddling bersama warga. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka akses pantai gratis untuk publik di Jakarta.

Sebagai ibu kota negara dengan luas pantai terbesar kedua di dunia, kata Susi, sudah semestinya Jakarta memiliki pantai yang cantik dan bisa dinikmati warganya.

"Saya minta Pak Anies, Pak Gubernur ini free access to the beach. Biar saya kalau Sabtu dan Minggu tidak usah pulang kampung cuma karena mau paddling," kata Susi di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (8/2).


Susi punya kegemaran bermain dayung atau paddling di kampung halamannya, Pangandaran, Jawa Barat. Dia berharap bisa menyalurkan hobinya tersebut Jakarta tanpa harus pulang kampung.

"Nanti main paddling itu sama warga Jakarta, warganya Pak Anies ini, dan gratis di Pantai yang cantik," kata dia.


Susi bukan kali pertama mengutarakan keinginannya tersebut kepada pemimpin Jakarta. Pada era Gubernur Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, Susi mengaku sering memarahi mantan Bupati Belitung itu lantaran dia kesal dan kesulitan menemukan pantai gratis di Jakarta.

Dia berniat melanjutkan omelannya itu kepada Anies yang kini menggantikan Ahok sebagai Gubernur DKI.

"Dulu saya juga sering marahi Pak Ahok, sekarang karena Pak Anies menggantikan Pak Ahok ya omelannya pun digantikan, saya lanjutkan ke Pak Anies, pokoknya ini PR (pekerjaan rumah) Pak Anies yah. Harus ada pantai yang cantik dan gratis," kata Susi.

Anies sendiri mengaku hingga saat ini masih mengusahakan pantai publik cantik yang memang diinginkan oleh Menteri asal pangandaran itu.

Anies mengaku sejak kampanye berusaha memperjuangkan akses pantai sepenuhnya kepada masyarakat.

"Pantai kan bukan cuma Ancol, kami dari awal memang berniat membuat pantai itu bisa dinikmati warga. Misalnya di Reklamasi itu bisa dinikmati semua masyarakat," kata Anies.
(gil)