Adik Ungkap Santapan Favorit Ahok Saat Imlek

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Kamis, 15/02/2018 08:16 WIB
Adik Ungkap Santapan Favorit Ahok Saat Imlek Adik Ahok menyebut kakaknya menyukai menu serba babi saat merayakan Imlek. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Gubernur DKI Jakarta yang kini di dalam tahanan Mako Brimob, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok punya menu favorit saat merayakan imlek atau Tahun Baru China.

Namun, kali ini Ahok tak bisa merayakan imlek tersebut bersama keluarganya di rumah. Pasalnya, sejak divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Mei 2017, Ahok meringkuk di balik bui.


Adik kandung Ahok, Fifi Lety Indra menceritakan apa yang paling sering disantap Ahok saat perayaan Imlek bersama keluarga. Saat datang ke PN Jakut sebagai kuasa hukum kakaknya dalam sidang gugatan menceraikan Veronica Tan, Fifi mengatakan Ahok menyukai hidangan buatan sang ibunda.


"Dia suka semua makanan yang serba babi-babi, masakan Mama saya," kata Fifi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (14/2).

Di samping itu, lanjut Fifi, Ahok juga memiliki makanan favorit khas Melayu. Makanan itu pun kerap disantap jelang Imlek.

"Ada satu makanan khas Melayu yang Pak Ahok suka yaitu bebek atau ayam dimasak nanas," ujarnya.

"Itu biasanya kita makan pas lebaran, tapi imlek juga kami masak itu," ujarnya.

Fifi lalu menjelaskan bahwa keluarganya tidak biasa merayakan Imlek secara besar-besaran. Hanya sekadar berkumpul bersama keluarga besar. Kegiatan yang dilakukan pun sebatas makan dan berbincang bersama, tidak ada yang spesial.

Tradisi yang sederhana itu pula yang membuat Fifi tidak bisa memastikan apakah keluarganya bakal merayakan Imlek di Mako Brimob bersama Ahok atau tidak. 

"Soalnya kami bukan tipe orang yang ngerayain gimana-gimana, biasa aja. Namanya kan lagi kondisi prihatin juga," kata Fifi.

(sur)