Umat Hindu Temui JK Bahas Perayaan Nyepi di Prambanan

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Kamis, 15/02/2018 04:21 WIB
Umat Hindu Temui JK Bahas Perayaan Nyepi di Prambanan Perwakilan umat Hindu yang tergabung dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perwakilan umat Hindu yang tergabung dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menyampaikan rencana perayaan Nyepi di Candi Prambanan pada Maret mendatang.

Ketua PHDI Mayor Jenderal (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya mengatakan, perayaan Nyepi di Prambanan saat ini tengah disiapkan oleh panitia daerah.

"Kami bertemu wakil presiden untuk melaporkan kegiatan Nyepi pada 17 Maret nanti. Kemudian nanti ada lagi kegiatan seremonial di Jakarta, tempatnya di Mabes TNI," ujar Wisnu saat ditemui di kantor wakil presiden Jakarta, Rabu (14/2).


Menyambut perayaan Nyepi, pihaknya juga melakukan kegiatan sosial lain seperti penanaman pohon hingga kesehatan. Wisnu juga menyampaikan rencana kegiatan seminar lintas agama untuk memberi pencerahan kepada umat Hindu.

"Itu yang kami laporkan ke pak wakil presiden terhadap pengembangan kegiatan umat Hindu di Indonesia. Kami dorong di sisi pendidikan, keagamaan, mulai tingkat bawah hingga tingkat atas," katanya.

Wisnu berharap kegiatan ini dapat menguatkan kerukunan antarumat beragama di Indonesia. Hal ini menyusul keprihatinan terhadap sejumlah konflik intoleransi yang terjadi belakangan ini.


Ia mengingatkan pada seluruh warga agar tak mudah terprovokasi dan dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebagai anak bangsa rajin-rajinlah ke tempat ibadah, kita berdoa, tebar kasih sayang dengan hati yang lapang. Hati bersih akan membuat komunikasi kita menjadi terang benderang," katanya. (pmg)