Anies-Sandi 'Ramaikan' Imlek di Wihara Dharma Bakti

Bimo Wiwoho & Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Jumat, 16/02/2018 11:55 WIB
Anies-Sandi 'Ramaikan' Imlek di Wihara Dharma Bakti Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mendatangi Wihara Dharma Bakti di kawasan Glodok, Jakarta Barat terkait dengan perayaan Imlek 2569. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengunjungi Wihara Dharma Bakti di kawasan Glodok, Jakarta Barat terkait dengan perayaan Imlek 2569.

Keduanya datang secara terpisah. Sandiaga datang sekitar pukul 10.44 WIB sedangkan Anies menyusul sekitar pukul 11.16 WIB.

Sebagian warga tampak menyambut kedatangan kedua pejabat tersebut. Anies sendiri terlihat bersalaman dengan warga yang sudah berada di wihara tersebut.



Di wihara tersebut, pengamanan juga dilakukan oleh aparat gabungan Polri dan TNI.

Penjagaan Dinas Sosial

Terpisah, Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Dinas Sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan pihaknya melakukan penjagaan saat perayaan Imlek di beberapa wihara yang tersebar di Jakarta.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Chaidir menjelaskan penjagaan itu untuk mengantisipasi maraknya para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan yang mengganggu kenyamanan, seperti meminta-minta warga dalam merayakan Imlek.


"Karena sudah menjadi budaya sejak lama pengelola wihara biasanya memberikan sembako atau angpau kepada warga sekitar sehingga banyak warga yang datang ke wihara untuk mendapatkan peruntungan," ujar Chaidir saat dihubungi, Jumat (16/2).

Chaidir menjelaskan dalam melakukan tugasnya petugas Dinsos hanya memastikan ketertiban dan mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti berdesak-desakan yang menyebabkan timbulnya korban.

Selama perayaan Imlek, Petugas P3S yang berada di Suku Dinas Sosial lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta pun melakukan pengawasan di beberapa wihara. (asa)