Anies-Sandi 'Tak Kompak' Sambangi Wihara di Petak Sembilan

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Jumat, 16/02/2018 14:23 WIB
Anies-Sandi 'Tak Kompak' Sambangi Wihara di Petak Sembilan Warga etnis Tionghoa mendatangi Wihara Dharma Bakti di Petak Sembilan, Jakarta Barat untuk merayakan imlek, 16 Februari 2018. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mengunjungi Wihara Dharma Bakti yang berlokasi di kawasan Petak Sembilan, Jakarta, Jumat (16/2).

Kedatangan mereka tak lepas dari momen tahun baru Imlek yang jatuh pada hari ini.

Namun, mereka berdua datang seakan tak kompak ke wihara tertua di Jakarta tersebut. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com yang meliput momen imlek di wihara berusia sekitar 400 tahun tersebut, Sandiaga tiba lebih dulu yakni sekitar 10.44 WIB.



Setibanya di sana, ditemani pengelola wihara, Sandi lalu berkeliling area dan menemui warga Tionghoa yang berada disana untuk memanjatkan doa. Sandi pun menyapa ratusan warga penyandang masalah kesejahteraan sosial yang menantikan angpau dari mereka yang merayakan imlek.

"Kami ucapkan selamat semoga tahun Anjing Tanah ini akan membawa keberkahan, keselamat, juga kesehatan bagi kita semua," kata Sandi kala berbincang dengan kepala pengelola wihara, Tan Hadi Pranata.

Anies dan Sandi 'Tak Kompak' Sambangi Wihara di Petak SembilaSandiaga Uno menyapa warga Tionghoa yang merayakan imlek di Wihara Dharma Bakti , Petak Sembilan, Jakarta Barat, 16 Februari 2018. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

Kedatangan Anies

Beberapa saat kemudian, saat Sandi sedang berbincang dengan para wartawan, Anies datang yakni sekitar pukul 11.16 WIB.

Seperti Sandiaga, Anies pun menyapa ratusan warga yang duduk menunggu diberi angpau. Kemudian ditemani pengelola, Anies lalu berjalan mengelilingi wihara--seperti Sandi.

Uniknya, tak lama setelah Anies tiba di wihara tersebut, Sandi yang sebelumnya berbincang dengan para wartawan justru keluar dan melangkah cepat menuju mobilnya.

Sandi berjalan melewati warga yang menunggu angpau seraya menepuk kedua tangannya di atas kepala.

Hari ini adalah perayaan Imlek atau tahun baru China 2569. Bukan hanya di Indonesia, warga etnis Tionghoa di seluruh dunia. Tahun baru China pada 2569 ini disebut juga sebagai tahun Anjing Tanah.

(kid/asa)