Kemhan RI Sudah Meneken Kontrak Pembelian 11 Sukhoi SU-35

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Sabtu, 17/02/2018 01:18 WIB
Kemhan RI Sudah Meneken Kontrak Pembelian 11 Sukhoi SU-35 Kemhan memastikan pembelian 11 unit Sukhoi sudah lengkap dengan persenjataan sesuai kebutuhan TNI AU. (AFP PHOTO / Vasily Maximov / MOY)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia telah menandatangani kontrak pembelian 11 unit pesawat tempur Sukhoi SU-35 dengan Rusia. Penandatanganan itu dilakukan pada Rabu (14/2) lalu di Jakarta.

"Sudah tanggal 14 Februari kemarin," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigjen Totok Sugiarto lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (16/2).

Kontrak tersebut ditandatangani oleh Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Laksamana Muda TNI Agus Setiadji dengan Yuri, delegasi dari Rostec.



Totok memastikan pembelian 11 unit Sukhoi tersebut sudah lengkap dengan persenjataan sesuai dengan kebutuhan TNI AU. "Full combat," ujarnya.

Totok menyampaikan usai penandatanganan kontrak tersebut, kini Indonesia tinggal menunggu proses pembuatan Sukhoi saja untuk kemudian dikirim ke Indonesia.

Nantinya pengiriman Sukhoi ke Indonesia akan dilakukan dalam tiga tahap.


Tahap pertama, akan dikirim dua unit pada Agustus 2019, dengan catatan kontrak efektif per Agustus 2018.

Tahap kedua, enam unit akan dikirim 18 bulan setelah kontrak efektif. Dan, tiga unit sisanya akan dikirim setelah 23 bulan dari kontrak.

Total pengadaan 11 unit Sukhoi SU-35 lengkap dengan senjata dan persenjataannya mencapai US$1,14 miliar dengan sistem imbal beli. (pmg)