Fadli Zon: Tanya Jokowi Kenapa Anies Tak Diajak ke Podium

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Minggu, 18/02/2018 16:23 WIB
Fadli Zon: Tanya Jokowi Kenapa Anies Tak Diajak ke Podium Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai Presiden Joko Widodo patut menjelaskan alasan tak mengajak Gubernur DKI Anies Baswedan ke podium kemenangan Persija di ajang Piala Presiden 2018.(CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semestinya diajak turun ke podium saat final Piala Presiden 2018, Sabtu (17/2) malam. Dia menganggap janggal Anies selaku gubernur DKI tak dilibatkan saat penyerahan piala kepada tim sepak bola Persija.

Fadli Zon menilai Presiden Joko Widodo perlu menjelaskan peristiwa tersebut karena undang-undang mengatur pejabat tuan rumah mendampingi presiden dalam acara resmi maupun tak resmi.

"Harusnya yang ditanya itu Pak Jokowi, kenapa enggak diajak ke podium. Cukup mengherankan juga dan itu gubernur kan sebenarnya bagian dari tuan rumah. Tanya aja kenapa (enggak diajak turun)," ujar Fadli saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (18/2).



Aturan protokoler pejabat negara diatur dalam pasal 13 undang-undang nomor 9 tahun 2010 tentang Keprotokolan yang berbunyi, Tata Tempat bagi penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah dalam pelaksanaan Acara Resmi sebagai berikut:

a. dalam hal Acara Resmi dihadiri Presiden dan/atau Wakil Presiden, penyelenggara
dan/atau pejabat tuan rumah mendampingi Presiden dan/atau Wakil Presiden.
b. dalam hal Acara Resmi tidak dihadiri Presiden dan/atau Wakil Presiden, penyelenggara
dan/atau pejabat tuan rumah mendampingi Pejabat Negara dan/atau Pejabat
Pemerintah yang tertinggi kedudukannya.

Sebelumnya beredar video yang menunjukkan Anies seperti ditahan paspampres saat hendak ikut rombongan ke podium. Sementara Jokowi bersama sejumlah pejabat lainnya turun ke podium untuk menyampaikan selamat kepada Persija.


Fadli enggan berandai-andai apakah insiden itu terkait dengan kepentingan politik. Menurutnya, gubernur telah memiliki protokoler atau tata cara tersendiri dalam setiap acara yang diikuti. Anies selaku gubernur semestinya juga turut dilibatkan dalam penyerahan Piala Presiden 2018 tadi malam.

"Presiden ke luar negeri saja, gubernur diundang untuk mengantar atau menjemput. Tanyalah ke pihak istana kenapa protokolernya seperti itu, kan ada aturan mainnya," tuturnya.

Persija menjuarai Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Bali United 3-0 dalam laga final di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Persija dan Bali United saling serang sejak menit awal pertandingan. Kedua tim ingin menunjukkan diri sebagai yang terbaiki di turnamen pramusim ini.
(gil)