Airlangga Hartarto Ungkap Makna Nomor Urut Empat Bagi Golkar

DHF, CNN Indonesia | Minggu, 18/02/2018 23:19 WIB
Airlangga Hartarto Ungkap Makna Nomor Urut Empat Bagi Golkar Ketua Golkar Airlangga Hartarto mengaitkan nomor urut 4 yang didapat partainya dengan gagasan empat pilar dari Taufik Kiemas. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nomor urut 4 yang didapat Partai Golkar dalam undian nomor urut partai peserta Pemilu 2019, dimaknai secara istimewa oleh ketua umum Airlangga Hartarto.

Airlangga mengaitkan nomor urut partainya itu dengan gagasan empat pilar yang dipopulerkan mendiang mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Taufik Kiemas.

"Golkar sebagai diketahui mendukung perjuangan empat pilar yang dijunjung Pak Taufik Kiemas, mantan Ketua MPR, yaitu UUD 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Airlangga di Kantor KPU di Jakarta, Minggu (18/2).


Angka empat juga dimaknai Airlangga sebagai empat program utama Golkar untuk mewujudkan Indonesia sejahtera.

"Seperti empat program Golkar, sembako murah, rumah yang terjangkau, serta lapangan pekerjaan, dan juga pendidikan," ucapnya.

Golkar pada Pemilu 2014 lalu mendapat nomor urut 5. Saat itu, partai berlambang pohon beringin ini menjadi pemenang kedua di perhelatan Pemilu Legislatif dengan memperoleh 14,75 persen dari total suara sah.

Golkar hanya kalah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang mendapat 18,95 persen dari total suara sah. PDIP sendiri dipastikan mendapat nomor urut 3 setelah pada Pemilu 2014 mendapat nomor urut 4.

Nomor urut 1 dimiliki oleh Partai Kebangkitan Bangsa, diikuti Gerindra yang mendapat nomor urut dua.

Dalam pernyataannya, Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut nomor 3 telah akrab dengan partainya.

(wis)