Segera Gelar Rakernas, Demokrat Fokus Pemenangan Pemilu

JMP, CNN Indonesia | Kamis, 22/02/2018 04:53 WIB
Segera Gelar Rakernas, Demokrat Fokus Pemenangan Pemilu Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat Agus Hermanto mengatakan, partainya akan menggelar Rakernas pada bulan depan untuk membahas pengembalian kejayaan mereka pada 2004 sampai 2014 lalu. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang Pemilu 2019, Partai Demokrat akan segera menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang rencananya akan dilangsungkan pada Maret. Dalam Rakernas tersebut, Demokrat akan fokus terhadap pemenangan pemilu.

Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat Agus Hermanto mengatakan, partainya ingin fokus pada pemenangan pemilu karena ingin mengembalikan masa kejayaan dua periode pada 2004-2009 sampai 2009-2014. Karena itu, segala langkah dan persiapan akan dibahas dalam Rakernas bulan depan itu.

"Karena kami juga ingin rebound kepada masa kejayaan kita yang sampai saat itu 20,9 persen. Koordinasi-koordinasi apa yang harus dilaksanakan dan kita akan cetuskan baik program maupun semangat. Itu langkah-langkah dalam Rakernas," kata Agus di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/2).


Dalam Rakernas, Agus mengatakan, Demokrat juga akan mengonsolidasikan program kepada seluruh kadernya. Hal ini karena peserta Rakernas diikuti seluruh pengurus, baik di pusat maupun daerah.

"Dalam Rakernas Demokrat yang akan datang, kami akan lebih banyak mengaitkan tentang konsolidasi karena yang akan kita ikutkan dalam Rakernas itu sampai tingkat kepala anak cabang di kecamatan, kurang lebih sembilan ribu orang," ujar Agus.

Namun demikian, Agus mengaku, Demokrat tak akan membawa topik Pilpres 2019 secara khusus ke dalam Rakernas. Meski tak menutup kemungkinan bisa saja ada pembahasan sedikit, misalnya terkait calon potensial dalam Pilpres 2019.

Tapi dia menegaskan, urusan Pilpres 2019 pembahasannya akan disediakan waktu tersendiri biar lebih fokus.

"Karena ini memang Rakernas, bisa saja kami membahas calon-calon dalam pilpres. Yang jelas kita melihat situasi yang terakhir bagaimana koordinasi-koordinasi kita selanjutnya," kata Agus seraya mengatakan Demokrat nantinya juga akan mengundang Presiden Joko Widodo untuk hadir dalam Rakernas tersebut. (osc/osc)