Survei Unggulkan Jokowi, Desmon: Survei Gerindra Sebaliknya

YAN, CNN Indonesia | Sabtu, 24/02/2018 22:50 WIB
Survei Unggulkan Jokowi, Desmon: Survei Gerindra Sebaliknya Jokowi dan Prabowo saat bertemu di Istana Presiden, beberapa waktu lalu. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Serang, CNN Indonesia -- Hasil survei sejumlah lembaga menyatakan Joko Widodo memiliki elektabilitas yang tinggi dibandingkan yang lain. Tapi menurut Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten Desmon J. Mahesa, menurut survei Gerindra hasilnya tak begitu.

"Bagi kami di Gerindra, antara percaya dan tidak percaya, tergantung siapa yang memesannya, karena survei tidak ada yang gratis," kata Desmon, di Banten, Sabtu (24/2). "Bagi kami, survei itu hanya untuk mengukur. Kalau survei yang dilakukan internal Gerindra, maka kami bantah (Jokowi ungguli Prabowo)."

Adapun deklarasi dukungan yang diberikan kader Gerindra Banten kepada Prabowo, menurut Desmon, itu bukanlah reaksi atas dukungan yang sudah dicetuskan PDI Perjuangan kepada Jokowi untuk maju kembali dalam pemilihan presiden mendatang.


"Ini sudah direncanakan sejak lama. Ada prakondisi, mereka ngumpulin orang, bikin pernyataan," ujar Desmon, yang baru pulih dari operasi transplantasi ginjal itu.

Di sisi lain, dia mengungkapkan bahwa nama Agus Harimurti Yudhoyono sudah masuk ke dalam radar calon wakil presiden Prabowo, andaikan bekas Danjen Kopasus itu maju kembali ke pemilihan presiden. Tapi bukan nama AHY saja yang dipertimbangkan. "Ada AHY dan bisa lain-lain, tapi ini bukan kapasitas saya membicarakan soal ini," katanya.

Menariknya, PDI Perjuangan sendiri juga berencana membuka pintu komunikasi dengan Partai Demokrat dan Gerindra. Tapi PDIP akan memprioritaskan partai politik pendukung koalisi dan partai yang memiliki kursi di parlemen untuk diajak berkomunikasi membahas Pilpres 2019.

Untuk Demokrat, PDIP menunjuk Ketua Bidang Ekonomi Kreatif DPP PDI Perjuangan Prananda Prabowo sebagai utusan untuk bertemu partai Demokrat. Putra mantan Presiden Megawati Soekarnoputri itu akan ditemani Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, akan bertemu dengan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

(YAN/ded)