PDIP Beri Mandat ke Megawati Tentukan Cawapres Jokowi

RZR, CNN Indonesia | Minggu, 25/02/2018 16:00 WIB
Megawati diberi kewenangan penuh sebagai Ketua Umum PDIP untuk menentukan calon wakil presiden untuk mendamping Jokowi di Pilpres 2019. PDIP mengusung Jokowi sebagai capres di Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Bali, CNN Indonesia -- Sekjen PDIP Hasto Kristianto mengatakan bahwa peserta Rakernas III PDIP telah bersepakat memberikan mandat kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menentukan dan mengumumkan calon wakil presiden yang akan menjadi pendamping Jokowi di Pilpres 2019.

"Kongres memberikan mandat kepada ibu ketua umum di momentum yang tepat mengumumkan  Cawapres," kata Hasto di Bali, Minggu (25/2).

Setelah Rakernas, Hasto mengatakan akan melakukan dialog dengan parpol lain untuk membahas soal sosok Cawapres Jokowi.

Hasto mengungkapkan nama-nama tokoh yang beredar di masyarakat sebagai Cawapres Jokowi dinilai hanya sebagai aspirasi dari rakyat yang harus didengarkan. 


Baginya, keputusan akhir itu tetap berada di tangan Megawati dan diputuskan setelah melihat dinamika politik nasional dan kesepakatan antar parpol koalisi.

Seluruh proses dialog dilakukan membahas tantangan kedepan, sehingga nama-nama yg beredar sebagai bagian dari negara demokrasi yg menempatkan rakyat sebagai pemimpinnya, sehingga semua aspirasi didengarkan," ujar Hasto.

Dalam pidato penutupannya di Rakernas III PDIP, Megawati membacakan rekomendasi tunggal yang juga merupakan hasil dari Rakernas III PDI Perjuangan untuk mencalonkan kembali Joko Widodo sebagai calon presiden RI 2019-2024.

"Bunyinya. Rakornas PDIP dengan keputusan ketua umum dengan mencalonkan kembali bapak Ir Joko Widodo sebagai calon presiden ri 2019-2024," kata Megawati. (sur/sur)