Demokrat Akui Ada Peluang AHY Dampingi Jokowi di Pilpres

JNP, CNN Indonesia | Selasa, 27/02/2018 16:34 WIB
Demokrat Akui Ada Peluang AHY Dampingi Jokowi di Pilpres Ketua Komando Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono masuk dalam bursa cawapres bagi Jokowi di 2019. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrat membuka kemungkinan untuk memasangkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019. AHY yang saat ini menjabat sebagai Komando Satuan Tugas Bersama disebut sebagai kader terbaik Demokrat.

"Peluang dalam internal partai kami, peluang itu tentu ada karena dia (AHY) juga merupakan kader terbaik kita," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Andi Timo Pangerang di Jakarta, Senin (26/2).

Namun demikian, kata Andi, Partai Demokrat masih menunggu hasil pertemuan para petinggi Demkrat dan PDIP, terutama pertemaun anak dua pimpinan tertinggi partai, Prananda Prabowo (anak Megawati) dan AHY. Sebelumnya Megawati memang mengutus Prananda untuk menemui AHY yang ingin bertemu.


"AHY dan Prananda kan belum bertemu. Kita masih menunggu pertemuan tersebut," ucap dia.

Andi menambahkan bahwa peluang terjalinnya koalisi dua partai itu untuk Pemeilu 2019 masih terbuka. Menurutnya, dinamika politik makin cair jelang penentuan nama capres dan cawapres yang akan diusung.

Nama AHY masuk sebagai salah satu kandidat kuat cawapres berdasarkan hasil survei. Survei Poltracking Indonesia, pada November 2017, menunjukkan bahwa AHY memiliki tingkat elektabilitas tertinggi sebagai cawapres, yakni 12,4 persen. Ia mengungguli Anies Baswedan yang meraih 12,1 persen, dan Gatot Nurmantyo 11,4 persen.

(arh)