Kelakar Jokowi soal Cawapres: Di Dekat Saya Ada Airlangga

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 27/02/2018 11:42 WIB
Kelakar Jokowi soal Cawapres: Di Dekat Saya Ada Airlangga Presiden Joko Widodo (tengah), Wakil Presiden Jusuf Kalla (di belakang Jokowi), dan Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri), di Jakarta, Senin (18/12/2017). Jokowi sempat menyinggung Airlangga saat ditanya soal Cawapres-nya di Pemilu 2019. (Foto: CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengaku masih menggodok nama-nama calon Wakil Presiden baginya di pemilu 2019. Namun, ia sempat menyinggung keberadaan Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang tengah ada di sebelahnya.

"Di dekat saya sekarang ada Pak Airlangga," ucap Jokowi, sambil tertawa, saat ditemui di kawasan industri Delta Silicon, Cikarang, Selasa (27/2).

Jawaban itu disampaikan ketika disinggung soal kemungkinan cawapresnya berasal dari partai politik.


Ketika itu, Airlangga memang berdiri di kiri Presiden usai mendampingi meresmikan dan meninjau pabrik PT Kalbio Global Medika, di kawasan yang sama.

Mendengar ucapan Jokowi itu, Airlangga hanya tersenyum.

Presiden melanjutkan, hingga saat ini ia belum mengambil keputusan soal sosok yang cocok mendampinginya di Pemilu 2019.

"Semuanya baru dalam proses pematangan, penggodokan mengenai kriteria, belum bisa bicara mengenai siapa. Jadi tunggu saja. Sabar," ucapnya.

Penggodokan itu, kata dia, dilakukan oleh tim internalnya maupun parpol-parpol pendukung.

Jokowi juga tak menjawab secara jelas perihal peluang Wapres Jusuf Kalla untuk kembali maju sebagai cawapres di Pemilu 2019.

"Dicoba ditanyakan ke Pak Jusuf Kalla," ucap dia.

Diketahui, Golkar adalah salah satu partai yang mendukung Jokowi menjadi Capres pada Pemilu 2019. Namun, Airlangga belum mengungkapkan soal kemungkinan dirinya menjadi cawapres bagi Jokowi.

(arh)