Puan Sebut Akan Banyak Kejutan soal Cawapres Jokowi

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 27/02/2018 20:51 WIB
Puan Sebut Akan Banyak Kejutan soal Cawapres Jokowi Politikus PDIP Puan Maharani menyebut penentuan cawapres akan melibatkan Jokowi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani mengatakan bakal banyak kejutan terjadi dalam enam bulan mendatang terkait calon wakil presiden untuk mendampingi Presiden Joko Widodo mendatang.

Puan menuturkan partai dan Jokowi saat ini masih memiliki banyak waktu untuk melihat dinamika lapangan serta mempertimbangkan sebelum menentukan calon wakil presiden 2019.

"Semua kami kaji bahkan mungkin nama yang sekarang belum keluar nanti akan muncul. Enam bulan ini banyak kejutan yang terjadi," ucap Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (27/2).


Puan menyatakan PDI Perjuangan mengkaji kader internal serta sejumlah nama-nama yang beredar termasuk dari hasil survei. Kendati demikian, ia enggan menyebutkan nama-nama itu.

"Yang dikaji banyak, lebih dari lima, kadang 10, kadang dua tergantung kami melihat sosok itu dari hari ke hari," tutur Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini.

Pemilihan cawapres, kata Puan, dipastikan akan melibatkan Jokowi. Ia menegaskan penentuan nantinya juga berdasarkan pertimbangan dan komunikasi partai bersama Jokowi.

Cucu Presiden Pertama Indonesia ini menegaskan, calon wakil presiden mendatang harus bisa satu visi dan misi dengan Jokowi sehingga pemerintahan bisa berjalan lebih baik dari periode pertama dan menjaga kesatuan NKRI.

PDI Perjuangan disebut terus berkomunikasi sekaligus bersilaturahmi dengan partai lain pendukung Jokowi. Tetapi hingga saat ini, partai pendukung lain disebut belum mengajukan nama-nama cawapres.

Nama cawapres, kata Puan, akan disampaikan sebelum lebaran yakni sekitar Juli. Pendaftaran capres dan cawapres ke KPU dimulai 4 Agustus. Sementara itu, penetapannya dilakukan pada September.

(wis)