PDIP Kaji Kapasitas AHY Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Selasa, 27/02/2018 22:03 WIB
PDIP Kaji Kapasitas AHY Dampingi Jokowi di Pilpres 2019 PDIP mempertimbangkan AHY sebagai salah satu kandidat cawapres pendamping Joko Widodo. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah mengkaji kapasitas Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono untuk mendampingi Joko Widodo di Pemilu 2019. AHY sebelumnya disebut sebagai salah satu kader terbaik Demokrat.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Parreira mengatakan sosok AHY sudah dikenal publik sebelumnya karena ikut Pilgub DKI Jakarta 2017.

"Proses ini juga masyarakat sudah melihat siapa AHY, tapi kami lihatlah ke depannya apakah cukup dalam kapasitas menghadapi pencapresan yang jauh lebih besar, kami lihat nanti," kata Andreas di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/2).


Di internal PDIP kata dia, masih melihat potensi dan perkembangan AHY. Dia menyebut dialog dan komunikasi masih terbuka terkait hal tersebut.

Menurut Andreas salah satu kriteria penting pendamping Jokowi adalah yang dapat memperlihatkan regenerasi kepemimpinan. Dalam arti lain dibutuhkan sosok muda selain yang mampu mendongkrak elektabilitas Jokowi.

"Kalau kita lihat 2024 Itu generasi baru di perpolitikan di Indonesia sehingga perlu tampil orang-orang yang mempunyai proyeksi untuk jadi pemimpin masa depan Indonesi, sehingga cawapres itu juga menjadi faktor yang menentukan di dalam pencapresan," katanya.

Hingga saat ini, kata dia, internal PDIP masih belum menentukan nama pendamping Jokowi. Masih banyak nama beredar dan partai tengah membuka ruang dialog dan komunikasi.

Andreas juga menyampaikan bahwa rencana pertemuan antara AHY dengan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP Prananda Prabowo masih belum bisa dilaksanakan.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Andi Timo Pangerang sebelumnya menyatakan AHY salah satu kader terbaik partai yang berpeluang mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

"Peluang dalam internal partai kami, peluang itu tentu ada karena dia (AHY) juga merupakan kader terbaik kita," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Andi Timo Pangerang di Jakarta.

Namun demikian, kata Andi, Demokrat masih menunggu hasil pertemuan para petinggi Demokrat dan PDIP, terutama pertemuan anak dua pimpinan tertinggi partai Prananda Prabowo (anak Megawati) dan AHY.

"AHY dan Prananda kan belum bertemu. Kita masih menunggu pertemuan tersebut," ucap dia (wis/wis)