Jokowi Instruksikan Heru Winarko Terapkan Standar KPK di BNN

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 01/03/2018 10:02 WIB
Jokowi Instruksikan Heru Winarko Terapkan Standar KPK di BNN Presiden Jokowi meminta Kepala BNN Heru Winarko menerapkan standar KPK di lembaganya untuk membenahi tata kelola organisasi, manajemen, dan integritas lembaga. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Inspektur Jenderal Heru Winarko menerapkan standar kerjanya di Komisi Pemberantasan Korupsi sebelumnya ke BNN.

Hal itu disampaikan usai resmi melantik Heru menjadi Kepala BNN menggantikan Komisaris Jenderal Budi Waseso yang pensiun mulai hari ini.

"Agar BNN memiliki standar yang baik seperti yang diterapkan di KPK. Ada standar yang dibawa dari KPK ke BNN," ucap Jokowi di Istana Negara, Kamis (1/3).



Jokowi menyoroti sejumlah standar yang harus ditingkatkan Heru di BNN, mulai dari tata kelola organisasi, manajemen, serta integritas lembaga.

"Di sana peredaran narkotika dan duitnya gede sekali. Omzetnya besar dan gampang menggoda orang berbuat tidak baik," kata Presiden.

Jokowi menginstruksikan Heru memastikan mengurangi jumlah narkotika yang masuk ke seluruh daerah Indonesia karena berdampak domino dengan penurunan penggunanya.


Pencegahan serta rehabilitasi juga diamanatkan sebagai fokus sehingga penanganan baik terjadi dalam semua sektor dari hulu hingga hilir.

Sebelum menjadi Kepala BNN, Heru bertugas sebagai Deputi Penindakan di KPK sejak Agustus 2015. Ia menjalankan fungsi perumusan kebijakan untuk sub-bidang penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan di lembaga antirasuah itu. (gil)


BACA JUGA