Pohon Tumbang Timpa Dua Mobil di Bandung

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 02/03/2018 19:44 WIB
Pohon Tumbang Timpa Dua Mobil di Bandung Pohon tumbang akibat hujan badai yang disertai es di Bandung, Jawa Barat. (Ilustrasi/Dok. Istimewa)
Bandung, CNN Indonesia -- Sebuah pohon tumbang di Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, saat  hujan deras disertai angin kencang melanda kawasan Kota Bandung, Jumat (2/3) siang .

Pohon tumbang tersebut terjadi di depan factory outlet Heritage sekitar pukul 14.25 WIB dan menimpa dua mobil. Satu mobil merek Chevrolet Spin mengalami kerusakan bagian kaca depan dan satu Toyota Calya yang mengalami kerusakan di bagian depan.

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung meluncurkan lima personel ke lokasi euntuk menanggulangi pohon tumbang tersebut.


"Pohon tumbang sedang penanganan dengan cara dipotong-potong dengan menggunakan chain shaw oleh tim rescue Diskar PB dikarenakan ukuran pohon yang cukup besar," ungkap Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung, Sihar Sitinjak


Sihar menyebutkan tidak ada korban jiwa akibat pohon tumbang yang terjadi saat hujan deras disertai angin kencang tersebut.

"Laporan sementara tidak ada korban jiwa, tapi ada satu orang mengalami trauma, sedang dalam penanganan petugas," tuturnya.

Saat CNNIndonesia.com meninjau lokasi sekitar pukul 16.30 WIB, pohon tumbang sudah diangkut petugas. Kondisi lalu lintas pun tampak sudah lancar. Sihar menambahkan, selain di Jalan RE Martadinata, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Sadang Serang dekat pasar Sadang, sekitar pukul 14.45 WIB. Satu pohon tumbang pun terjadi di Jalan Moch. Toha di area SDN 008 sekitar pukul 15.15 WIB.

"Untuk menanggulangi pohon tumbang di ketiga lokasi tersebut, secara keseluruhan Diskar PB menurunkan dua unit penyelamat disertai unsur bantuan dari DPKP3," tambah dia.

Di musim hujan seperti sekarang ini, Sihar mengimbau agar masyarakat menghindari berteduh di bawah pohon. Apalagi jika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

"Dan jangan lupa, kalau ada kejadian segera laporkan. Begitupun apabila melihat ada pohon yang rawan roboh," himbaunya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Iming Ahmad menyebutkan pohon tumbang yang terjadi saat hujan deras pada Jumat menjelang sore antara lain pohon ganitri setinggi 18-20 meter dengan diameter 60 cm di jalan Riau, pohon angsana setinggi 8-10 meter di Jalan Moch. Toha, dan pohon tumbang di Jalan Bawean yang mengenai tiang listrik.

"Sisanya ada pohon patah dahan di lima titik yakni Jalan Jamuju Lapangan Supratman, Jalan Cisangkuy, Jalan Madura, Jalan Ambon, dan Jalan BKR," ujar Iming.

Selain penanganan jangka pendek dengan menurunkan tim ke lokasi kejadian, Iming mengatakan, DPKP3 juga memiliki program jangka panjang untuk mengantisipasi kejadian serupa apalagi di musim hujan seperti sekarang.

Menurutnya, setiap hari, sejumlah personel berkeliling untuk mengatasi dahan atau batang pohon yang rapuh baik hasil dari pengaduan masyarakat maupun hasil survey lapangan tim DPKP3.

"Minimal tim kami memangkas supaya beban pohon tidak terlalu berat. Di samping itu, kami pun telah menganggarkan pengadaan sarana prasarana untuk menunjang pekerjaan tim di lapangan seperti mobil hidrolik yang sangat kami butuhkan," ujarnya.

(hyg/ugo)


BACA JUGA