FOTO: Perang dengan Limbah di Sungai Citarum

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 03/03/2018 08:16 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sungai Citarum yang mengalir dari pegunungan di Bandung melewati 12 wilayah hingga bermuara di Laut Jawa sempat mendunia dengan sebutan sungai paling terkotor.

Seorang nelayan sedang bekerja di Muara Gembong yang menjadi titik bertemunya Sungai Citarum dengan Laut Jawa, 22 Februari 2018. Sungai Citarum sempat membuat heboh dunia dengan sebutan sungai paling kotor sejagat.(REUTERS/Darren Whiteside)
Seorang petani sedang beraktivitas di pesawahan di hulu sungai Citarum yang berada di selatan Kota Bandung, Jawa Barat, 24 Februari 2018. Sungai ini memiliki mata air di Gunung Wayang. (REUTERS/Darren Whiteside)
Seorang petani menyebrangi jembatan yang melintasi aliran air dari situ (danau) Cisanti di Desa Tarumajaya, Kabupaten Bandung, 24 Februari 2018. Situ Cisanti adalah titik nol hulu Sungai Citarum. (REUTERS/Darren Whiteside)
Dua orang ibu rumah tangga mencuci baju mereka di pinggir aliran Sungai Citarum di kawasan Bandung Selatan, 25 Januari 2018. Sungai yang melewati 12 wilayah di Jawa Barat ini dikotori limbah dari mulai pabrik hingga rumah tangga. (REUTERS/Darren Whiteside)
Foto kombinasi toilet darurat yang didirikan warga di pinggiran sungai Citarum di kawasan hilirnya, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, 22 Februari 2018. (REUTERS/Darren Whiteside)
Perikanan terapung di  kawasan Waduk Jatiluhur yang menampung air dari sungai Citarum di kawasan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, 15 Februari 2018. Citarum merupakan salah satu sumber dari denyut nadi perekonomian Indonesia dengan hamparan kegiatan ekonomi yang tergantung padanya. (REUTERS/Darren Whiteside)
Unit pengolahan limbah sebuah pabrik tekstil di kawasan Majalaya, Kabupaten Bandung, 14 Februari 2018. Sungai Citarum juga dikotori limbah pabrik-pabrik yang dibuang ke alirannya. (REUTERS/Darren Whiteside)
Aktivis lingkungan, Deni Riswandani menunjukkan dua sampel air di gelas plastik. Sebelah kanan adalah sampel dari sungai Citarum, dan sebelah kiri adalah sampel dari anak sungai Citarum yang melintasi kawasan padat penduduk dengan pabrik tekstil di kawasan Majalaya, Kabupaten Bandung, 26 Januari 2018. (REUTERS/Darren Whiteside)
Sekelompok pria sedang memancing ikan di aliran sungai Citarum dekat kawasan padat penduduk dan pabrik tekstil di kawasan Majalaya, Kabupaten Bandung, 14 Februari 2018. (REUTERS/Darren Whiteside)
Seekor bangkai kambing terapung di antara sampah dan puing-puing di hilir sungai Citarum yang bermuara ke Laut Jawa di Kabupaten Bekasi, 22 Februari 2018. (REUTERS/Darren Whiteside)
Seorang pria sedang melakukan penambangan pasir kali secara tradisional di pinggiran sungai Citarum yang berada di kawasan Majalaya, Kabupaten Bandung, 26 Januari 2018. (REUTERS/Darren Whiteside)
Akibat vlog viral yang menggambarkan Sungai Citarum sebagai sungai terkotor se-dunia, pemerintah Indonesia pun giat melakukan pembersihan sungai. Salah satunya dengan mengerahkan anggota TNI di kawasan Kabupaten Bandung, 13 Februari 2018. (REUTERS/Darren Whiteside)
Anak-anak kecil bermain sepak bola di salah satu aliran lama sungai Citarum di kawasan Kabupaten Bandung, 14 Februari 2018. (REUTERS/Darren Whiteside)
Persoalan di Sungai Citarum bukan hanya soal limbah termasuk luapan air yang kerap membuat banjir di sejumlah wilayah termasuk di kawasan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. (REUTERS/Darren Whiteside)