Gangguan Jaringan 4 Jam, 400 Pemohon SIM Daan Mogot Menumpuk

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Selasa, 06/03/2018 15:39 WIB
Gangguan Jaringan 4 Jam, 400 Pemohon SIM Daan Mogot Menumpuk Pemohon SIM yang mengikuti tes praktek di Polres Tegal, Selasa (27/1). Ratusan pemohon SIM di Satpas Daan Mogot tertahan antreannya akibat gangguan sistem ujian teori SIM. (Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan orang yang ingin membuat surat izin mengemudi (SIM) sempat mengantre lama untuk ikut ujian teori berbasis daring atau online. Proses terkendala karena ada gangguan jaringan pada perangkat komputer di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa (6/3) pukul 10.00 WIB - 14.10 WIB.

Kasi Satpas SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan peristiwa gangguan jaringan itu telah terjadi sejak pukul 10.00 WIB. Para pemohon SIM yang berjumlah sekitar 400 orang itu diberi dua opsi, yakni menanti sistem pulih atau kembali esok hari.

"Ada ratusan antrian terutama yang mau ujian teori. Kami berikan pilihan pada masyarakat untuk menunggu sampai jam 14.00 WIB atau kembali lagi keesokan harinya jika tidak bisa," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (6/3).

Fahri mengatakan gangguan hanya terletak di perangkat ujian teori SIM. Meski demikian belum diketahui pasti penyebab dari gangguan tersebut.

"Baru hari ini sekitar jam 10.00 WIB alami gangguan karena kan memang aplikasi kita ini sentra live ya, tersentralisasi ke Korlantas Polri, dan sejauh ini hanya Satpas Daan Mogot yang gangguan," papar dia.

Fahri menjelaskan jaringan yang terpusat itu ditampung dalam modem. Dari gawai tersebut, jaringan menyebar ke komputer-komputer di kantor Satpas SIM, salah satunya Satpas Daan Mogot.

"Namun satu jaringan ini terhambat di perangkat komputer ujian teori saja sebenarnya, jadi yang lain tidak ada masalah," imbuh dia.

Fahri juga memastikan gangguan jaringan tersebut sudah pulih pada pukul 14.10 WIB. Pihaknya sudah mengumumkan masalah tersebut kepada para pengantre SIM di Satpas Daan Mogot.

"Kita selesaiakan yang sudah daftar hari ini," tutupnya.




(arh)