Menpora Pastikan Penyelenggaraan Asian Games Tanpa Masalah

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 07/03/2018 04:05 WIB
Menpora Pastikan Penyelenggaraan Asian Games Tanpa Masalah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memastikan persiapan Asian Games 2018 berjalan baik dan akan berlangsung seperti yang diharapkan. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memastikan persiapan Asian Games 2018 berjalan dengan baik dan penyelenggaraan acara akan berlangsung seperti yang diharapkan.

Hal itu dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (6/3).

"Soal venue, penyelenggara, dan prestasi alhamdulillah in progress," ucap Imam di Kantor Presiden, Selasa (6/3).

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta laporan rinci persiapan venue, teknis, aspek pendukung, hingga persiapan atlet Indonesia. Ia menginstruksikan Indonesia harus menjadi tuan rumah yang baik bagi seluruh peserta Asian Games bahkan meraih banyak prestasi.


Menanggapi hal itu, Imam menuturkan Kemenpora terus berkoordinas dengan seluruh pimpinan cabang olahraga untuk terus memantau sekaligus mengevaluasi target perolehan medali.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan masuk 10 besar. Namun hal itu, kata Imam, bisa berubah setelah uji coba sehingga akan dilaporkan kembali pada Juni.

"Ini tidak ada hambatan administratif atau teknos. Sehingga soal pembiayaan juga sudah diserahkan ke pimpinan olahraga," tuturnya.

Optimisme serupa disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 Erick Thohir. Ia menjamin panitia bekerja keras sehingga perhelatan berjalan lancar.

"Kami laporkan insya allah berjalan baik dan kami siap sukseskan Asian Games," tuturnya.

Senada, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan delapan dari 13 cabang olahraga yang menjadi tanggung jawab Palembang telah diuji coba dan tidak ada masalah.

Kepada Jokowi, ia juga melaporkan atlet tidak perlu capai berjalan dari tempat peristirahatan ke lokasi pertandingan. Jarak tempuh hanya 1-10 menit dengan jalan kaki atau bisa menggunakan mobil golf yang disediakan.

"Sekarang kami tinggal finalisasi. Insya Allah Mei sudah cantik," kata Alex. (lav/lav)