Anies Sebut MRT Lebak Bulus Akan Latih Kedisiplinan Warga

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 07/03/2018 22:03 WIB
Anies Sebut MRT Lebak Bulus Akan Latih Kedisiplinan Warga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan saat beroperasi nanti, MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI akan meningkatkan kedisiplinan ratusan ribu penumpangnya. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan proyek MRT bukan hanya mengatasi permasalahan transportasi di Indonesia terutama Jakarta. Anies berpendapat, proyek MRT nantinya juga dapat mengubah kebiasaan masyarakat untuk menjadi tepat waktu dan disiplin.

"Di tempat ini akan lewat 173 ribu orang per hari, artinya, Ibu Kota melatih minimal 173 ribu orang per hari untuk tepat waktu, mengantre, dan disiplin," ujar Anies di kawasan Bundaran Senayan, Rabu (7/3).

Hal ini disampaikan Anies usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan jalur MRT Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia di kawasan Thamrin hingga Senayan.


Jokowi, kata Anies, saat meninjau menegaskan MRT merupakan proyek kebanggaan Indonesia sehingga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini meyakini MRT dapat meningkatkan kualitas dan daya saing Indonesia mendatang.

"Ini alat membuat bangsa kita meningkat, meningkat kedisiplinannya, peradabannya. Kalau sudah mulai dari sini, Insya Allah akan menular ke seluruh Indonesia," ucap Anies.

Senada, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh turut menyatakan MRT merupakan proyek kebanggaan. Paloh turut mendampingi Jokowi bersama Anies sore tadi.

Taipan media itu lantas menceritakan hal-hal yang dibicarakan saat peninjauan.

"Sebenarnya proyek ini dicita-citakan waktu Pak Gubernur Anies masih remaja. Insya Allah setelah Anies jadi gubernur baru proyek ini jadi," kata Paloh.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta detail dan kepastian penyelesaian proyek MRT. Direktur PT MRT William P Sabandar menuturkan proyek ini akan selesai dan bisa digunakan masyarakat pada Maret 2019.

Sementara sekretaris korporasi MRT, TB Hikmatullah menyatakan secara keseluruhan proyek MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI telah mencapai 91,86 persen dengan 11.314 meter rel yang telah terpasang.

Ia berkata, kereta akan tiba di depo Lebak Bulus pada 26 Maret ini. Kereta terdiri dari dua rangkaian dengan enam gerbong masing-masing. Satu gerbong berkapasitas 200 orang.

"Awalnya diuji coba di depo Lebak Bulus. Agustus masuk track utama. Bertahan sampai Blok M dulu karena akan ada terintegrasi," ucap Hikmatullah. (wis/wis)