Wawancara Khusus

Partai Berkarya: Pendatang Baru Militansi Soehartois

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Jumat, 09/03/2018 10:41 WIB
Partai Berkarya: Pendatang Baru Militansi Soehartois Ambisi Tommy Soeharto memimpin Golkar tak kesampaian. Partai Berkarya menjadi pembuktian Tommy untuk meneruskan perjuangan mendiang ayahnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Berkarya identik dengan warna kuning dan pohon beringin seperti halnya Golkar. Meski begitu, mereka menampik berafiliasi dengan Golkar.

Berkarya merupakan fusi dari dua partai politik, yakni Partai Beringin Karya dan Partai Nasional Republik. Penggagasnya adalah Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.

Berkarya hadir untuk menjadi penawar rindu kalangan Soehartois. Semangat militansi Soehartois menjadi pegangan Berkarya sebagai alternatif pilihan partai politik yang meramaikan Pemilu 2019.


Berikut wawancara CNNIndonesia.com dengan Ketua Umum Partai Berkarya, Neneng Anjarwaty Tuti.

Bagaimana proses pembentukan Partai Berkarya?

Partai Berkarya hasil fusi Partai Nasional Republik dan Partai Beringin Karya. Mas Tommy Soeharto yang menggagas.

Waktu itu Partai Beringin Karya Ketua Umumnya Pak Syamsu Djalal, Sekjennya Badaruddin Andi Picunang. Bergabung dengan Nasional Republik yang Ketua Umumnya Saya. Pak Muhdi PR gabung juga.

Apa motif Pak Tommy Soeharto menggagas pendirian Partai Berkarya?

Mengenai Mas Tommy sebagai ketua dewan pembina, tentunya tidak jauh dari ayahandanya untuk meneruskan dan berkarya di indonesia ini.

Apakah Partai Berkarya bisa disebut sebagai partai para Soehartois?

Karena ada lambang Pak Harto dan Mas Tommy pasti orang mempunyai pemikiran seperti itu Soehartois.

Ya memang kami membangun dengan militansi Soehartois.

Kader Partai Berkarya didominasi oleh kalangan Soehartois?

Ini 75 persen itu Soehartois semua. Tapi disini ada beberapa pengurus kader-kader tidak hanya dari partai lain yang bergabung di partai ini.

Partai-partai lain misalnya?

Dari Golkar, dari Demokrat dan PDIP, dari Hanura, jadi berbagai macam. Nanti kemudian banyak lah orang-orang jenderal yg mau masuk.
Partai Berkarya, Pendatang Baru Militansi SoehartoisKetua Umum Partai Berkarya Neneng Anjarwaty Tuti. (CNN Indonesia/Muhammad Amas)

Soeharto memiliki riwayat buruk seperti KKN dan otoriter. Bagaimana Partai Berkarya melepas bayang-bayang itu?

Jadi selama memimpin 32 tahun itu ekonomi kerakyatan berjalan dengan baik swasembada pangannya. Maka dengan yang tadi dikatakan Pak Harto di pada saat itu jatuh dengan dikatakan ada KKN, kita berikan kepada masyarakat yang menilai.

Nah di Partai Berkarya ini kan berbeda ya kepemimpinan daripada Mas Tommy Soeharto yang akan berkarya di indonesia ini.

Kita lihat nanti perkembangannya, program-program kita yang akan dikerjasamakan dengan pemerintah sekarang. Mudah-mudahan Partai Berkarya bisa membawa keinginan masyarakat swasembada pangan.

Anda yakin masih banyak kalangan yang merindukan Soeharto?

Bukan karena saya ketua umum ya, di mana-mana selalu banyak masyarakat tidak muda tidak tua ingin bergabung ke sini.

'Kenapa harus bergabung ke sini? Karena bapak saya dulu di partai Golkar dan saya sekarang ingin ikut putranya yaitu Mas Tommy di Berkarya ini.'

Jadi mungkin kerinduan itu yang membuat partai berkarya tidak sulit mencari anggota. Dengan sendirinya datang dengan sendirinya.


Tidak Kesulitan mencari kader?

Tidak sama sekali.

Contohnya seperti tadi setiap hari seperti itu, datang berduyun-duyun. ada yang mengatasnamakan, 'saya merasa enak di zaman Pak harto, maukah berkarya menerima kami-kami ini'.

Apa ciri khas yang ditonjolkan Partai Berkarya sebagai partai baru?

Kalau kita memang sudah punya ciri Tommy Soeharto.

Apakah Tommy Soeharto berkuasa penuh atas pengambilan keputusan di Partai Berkarya?

Peran Mas Tommy Soeharto selalu bersama-sama memutuskan keputusan-keputusan yang ada di partai ini. Tidak memutuskan sendiri.

Selain Tommy, siapa lagi dari keluarga Soeharto yang bergabung bersama Partai Berkarya?

Memang sampai saat ini masih Mas Tommy sendiri.

Apakah yang lainnya bakal bergabung?

Harapan saya seperti itu.

Bagaimana hubungan sesama anak-anak Soeharto?

Kalau keluarga itu saya lihat luar biasa kebersamaan kakak beradik itu. Justru saling menghormati. keluarga Pak Harto itu luar biasa satu dengan yang lainnya.
Partai Berkarya, Pendatang Baru Militansi SoehartoisTommy Soeharto di Munaslub Golkar 2016. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

Partai Berkarya berafiliasi dengan Golkar?

Berkarya berdiri tidak ada hubungan dengan partai lain.

Nuansa kuning dan lambang beringin?

Kebetulan, karena Pak Harto membuat Partai Golkar, Mas Tommy ingin membuat Partai Berkarya, terus lambangnya ya ada beringinnya.

Partai Berkarya didirikan karena keluarga Soeharto sudah tidak berpengaruh di Golkar?

Tidak juga. Mba Titiek kan juga masih di sana.

Lantas?

Jadi mungkin karena Mas Tommy pernah ingin menjadi ketua Partai Golkar, tapi memang Allah belum mengijinkan berkarya di Partai Golkar, maka Mas Tommy ingin berkarya di Partai Berkarya.

Target di Pemilu 2019?

Kami harus mencapai 80 anggota dewan.


Bagaimana bisa?

Mendapat suara 13 persen kita sudah mencukupi. Kalau 20 persen mah itu keterlaluan. Saya di 7 persen juga tidak masalah, 4 persen juga kami tidak apa-apa.

Siapa tokoh yang dijadikan magnet suara?

kalau karena ketokohannya sih, siapa lagi kalau bukan Tommy Soeharto, enggak mungkin saya. Kalau saya kan merumus, menggagas.

Apakah gaya memimpin Tommy bakal sama dengan Soeharto?

Tentunya biasanya kalau seorang putra dan seorang ayahanda dan putranya tidak jauh berbeda. Tetapi, tidak bisa plek. Pasti tidak jauh-jauh lah. Punya pemikiran yang sama

Pilpres 2019 mendatang, bakal dukung petahana?

Kita belum tahu. sampai saat ini kita belum bicara tentang presiden. Kita konsentrasi percalegan.

Apa mandat khusus dari Tommy kepada Anda selaku ketua umum partai?

Bukan kepada saya juga, kepada seluruh ada pesan khususnya agar tidak mengambil langkah-langkah pragmatis. Seperti ada perekrutan caleg kita ambil dananya berapa, 'oh tidak bisa, tidak ada itu, jangan', kata Mas Tommy.

(gil)