Dishub DKI Usulkan Contraflow Tol Dalam Kota saat Asian Games

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Jumat, 09/03/2018 07:06 WIB
Dishub DKI Usulkan Contraflow Tol Dalam Kota saat Asian Games Kendaraan memadati ruas jalan tol dalam kota di Cililitan, Jakarta Timur. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengusulkan Jasa Marga dan kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow atau arus lalu lintas lawan arah di tol dalam kota saat penyelenggaran Asian Games 2018, Agustus hingga September mendatang.

Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Wijatmiko menuturkan contraflow dapat diterapkan di tol yang melayani dari dan ke arah Gelora Bung Karno (GBK), Senayan dan Wisma Atlet, Kemayoran. Termasuk, dari bandara Soekarno Hatta ke Kemayoran.

"Evaluasi ada beberapa alternatif perbaikan, seperti ada contraflow di tol dari masuk Kemayoran sampai GBK karena aktivitas paling banyak di GBK," kata Sigit di Balai Kota, Kamis (8/3).


Sigit mengatakan Dishub DKI dan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) telah sepakat menetapkan area kawasan GBK yang harus steril, yakni ring satu di sekitaran stadion utama GBK dan ring dua di Jalan Lingkungan.
Kemudian, ring tiga meliputi Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika, dan sekitarnya. Ring tiga menjadi tempat terakhir kendaraan pribadi melintas, termasuk area drop off atlet.

Sigit mengimbau agar masyarakat menggunakan kendaraan umum selama pelaksanaan Asian Games 18 Agustus-2 September 2018.

"Itu skenario untuk memastikan hal tersebut. Masyarakat juga diedukasi agar tidak menggunakan kendaraan pribadi ke GBK," katanya.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas dan rencana meliburkan aktivitas sekolah, menurutnya masih akan bersifat situasional.

Untuk memfasilitasi masyarakat yang hendak meramaikan Asian Games, Sigit juga mengusulkan diberlakukannya jalur khusus bus di tol dalkot.

Dia juga meyakini kebijakan ganjil-genap di Tol Cikampek akan mengurangi kemacetan sehingga mempercepat jalan masyarakat ke venue Asian Games.

"Kemudian menyiapkan bus lane hanya untuk tiga jam. Ini kan kita bisa minta special lane di satu jalur tol, sehingga waktu tempuhnya bisa lebih pasti," kata Sigit.
(ugo/ugo)