Pegawai KPK Ikut Seleksi Direktur Penyidikan

CTR, CNN Indonesia | Jumat, 09/03/2018 15:02 WIB
Pegawai KPK Ikut Seleksi Direktur Penyidikan Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan lelang jabatan untuk posisi Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan KPK terbuka bagi pihak manapun. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan ada pegawai lembaga antirasuah yang turut mengikuti seleksi untuk ditempatkan Direktur Penyidikan.

KPK saat ini sudah menerima 13 calon untuk mengisi posisi Direktur Penyidikan dan Deputi Penindakan. Dari jumlah itu, enam orang diajukan oleh kepolisian dan tujuh orang dari kejaksaan agung.

Ketua KPK Agus Rahardjo menambahkan selain 13 orang itu, ada pihak internal KPK yang turut mendaftar seleksi.



"Untuk Dirdik (Direktur penyidikan) ada (pihak internal mendaftar), tapi untuk deputi (penindakan) belum," kata Ketua KPK Agus Rahardjo kepada CNNIndonesia.com, Jumat (9/3).

Agus menerangkan seleksi dua posisi strategis KPK itu terbuka untuk siapa saja, termasuk pihak internal KPK.

"Terbuka untuk internal, dipersilahkan kalau mereka mau daftar," ujar Agus.


Para calon Direktur Penyidikan dan Deputi Penindakan KPK itu dijadwalkan menjalani seleksi pada 10 Maret 2018.

Mereka akan diseleksi oleh pihak ketiga yakni konsultan eksternal yang bekerja sama dengan KPK demi menjaga objektivitas proses seleksi di posisi strategis tersebut.

"Konsultannya Quantum," singkat Agus.


Sebelumnya, Agus juga mengatakan bahwa rangkaian proses lelang jabatan ditargetkan rampung 9 Maret 2018. Jabatan itu akan terisi sosok baru pada satu atau dua hari setelahnya.

Namun, Febri mengungkapkan ada proses lain setelah calon diseleksi melalui konsultan eksternal tersebut. " Selain itu ada proses seleksi internal juga yang dilakukan," ujar Febri. (wis)


BACA JUGA