SBY 'Kasih Kode' Koalisi Bareng Jokowi di Pilpres 2019

Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Sabtu, 10/03/2018 12:55 WIB
SBY 'Kasih Kode' Koalisi Bareng Jokowi di Pilpres 2019 SBY dalam satu acara. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan partainya bisa saja berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain untuk mendukung pencalonan Joko Widodo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Namun demikian, dukungan kepada Jokowi itu, kata SBY, harus memenuhi sejumlah persyaratan.

"Pak Presiden, jika Allah menakdirkan, senang Demokrat berjuang bersama bapak. Tentu bapak sangat memahami sebagaimana pengalaman saya Pilpres 2014 dan 2009 lalu, perjuangan bersama apapun namanya koliasi atau aliansi berhasil selama kerangka kebersamaan tetap dijaga," kata SBY saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3).



Untuk itu, jika ingin mendapat dukungan Demokrat di Pilpres 2019 nanti, syarat pertama yang harus dipenuhi yakni koalisi harus dibangun dengan kerangka kebersamaan yang tepat agar berhasil dan melahirkan kemenangan.

Syarat kedua adalah adanya penyusunan visi, misi, dasar pemerintahan Indonesia periode 2019-2024 yang tepat secara bersama-sama. Sementara syarat terakhir, koalisi harus berangkat dari rasa saling percaya dan bersifat permanen sehingga muncul rasa saling menghormati dan percaya.


"Koalisi adalah masalah hati. Kita bersama-sama bersedia untuk berkoalisi dengan satu sama lain. Partai Demokrat siap untuk membangun koalisi seperti itu," demikian SBY. (DAL/asa)