Tommy Soeharto Yakin Partai Berkarya Tembus Tiga Besar

Feri Agus, CNN Indonesia | Minggu, 11/03/2018 00:22 WIB
Tommy Soeharto Yakin Partai Berkarya Tembus Tiga Besar Tommy Soeharto (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Solo, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Hutomo Mandala Putera alias Tommy Soeharto berkeyakinan partai besutannya bisa menembus tiga besar dalam peroleh kursi di DPR, Senayan, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Keyakinan itu didapat bila Partai Berkarya mampu merebut minimal tiga kursi di DPRD tingkat kabupaten/kota seluruh Indonesia.

"Dengan 18 juta (suara) itu kami yakin bahwa kami bisa menjadi pemain tiga besar di Senayan. Di Provinsi akan mengikuti jumlahnya," tutur Tommy dalam sambutan di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-III Berkarya di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/3).


Angka 18 juta suara itu didapat dari hitung-hitungan Tommy soal target perolehan tiga kursi di DPRD tingkat kabupaten/kota. Menurut Tommy satu kursi wakil rakyat sedikitnya membutuhkan 12 ribu suara pemilih.

Bila total, kata Tommy dengan jumlah 514 kabupaten/kota di Indonesia, maka target tiga kursi di DPRD tingkat II dapat mengumpulkan suara pemilih sekitar 18 juta.

"Dari 514 kabupaten/kota, kalau kita dapat 36 ribu per kabupaten/kota, kalo dikalikan 514 kabupaten/kota itu kurang lebih ada 18 juta (suara)," kata dia.

Presiden Komisaris Humpuss Group itu menekankan kepada para kadernya untuk terus bekerja keras mewujudkan target dalam keikutsertaan Berkarya pertama dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. Tommy mengatakan pihaknya bakal menguatkan Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) partai.

Menurut Tommy, pihaknya bakal menugaskan lima wakil ketua umum Partai Berkarya memegang 16 daerah pemilihan, dari total 80 daerah pemilihan untuk anggota DPR. Wakil ketua umum akan berkoordinasi dengan Bapilu yang ada di masing-masing pengurus wilayah.

"Bapilu masing-masing akan membuat program-program pemenangannya," tutur dia.

"Tapi dengan tiga kursi di DPRD tingkat dua, insyaallah kita bisa menjadi partai yang besar di Senayan," kata Tommy menambahkan.

Partai Berkarya resmi dinyatakan lolos oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai partai politik peserta Pemilu 2019. Partai yang identik dengan warna kuning itu adalah fusi dari Partai Nasional Republik dan Partai Beringin Karya. (eks/eks)