Putra Amien Rais Serahkan Becak Listrik Modifikasi ke Anies

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Minggu, 11/03/2018 10:01 WIB
Putra Amien Rais Serahkan Becak Listrik Modifikasi ke Anies Politisi PAN, Hanafi Rais menyerahkan becak listrik hasil modifikasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Putra Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais menyerahkan sebuah becak modifikasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balaikota, Jakarta Pusat, Minggu (11/3) pagi. Hanafi mengklai becak listrik yang telah ia modifikasi untuk mendukung upaya pemerintah dan cocok dipakai di daerah wisata.

"Sebagai warga saya mendukung upaya Gubernur DKI Jakarta dalam menghidupkan kembali becak di Ibukota. Tapi saya sumbang becak listrik yang lebih ramah lingkungan dan manusiawi, cocok untuk daerah wisata di Jakarta," kata Hanafi.

Sepintas, tampilan becak yang milik Hanafi tidak berbeda dengan becak kebanyakan. Bedanya, becak buatan Hanafi dilengkapi dinamo 48v yang berada di bawah tempat duduk penumpang. Selain bisa dikendarai dengan cara di-gas, becak ini juga bisa di-goes layaknya becak pada umumnya.


Berbekal pengalaman merakit becak listrik di Yogyakarta pada 2014 lalu, Hanafi menyebut perangkat yang sama kali ini bisa menempuh jarak lebih panjang. Dalam sekali pengisian, becak listrik ini mampu menempuh jarak hingga 40 kilometer.

Pengisian daya baterai sebesar 1.000 watt pun lebih cepat yakni hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Diklaim ramah lingkungan, ia mengatakan becaknya dibekali rem hidrolik dan mampu melaju dengan kecepatan hingga 25 km/ jam.

Untuk memodifikasi becak ini, Hanafi menyebut ia merogoh kocek Rp10 - Rp15juta dalam waktu lima hari. Menurutnya, becak ini tidak memerlukan perawatan khusus dan servis berkala. Becak ini diklaim mampu mengangkut beban hingga 250 kg.

"Mahalnya di ongkos riset karena untuk pengembangan, sekarang lebih sempurna dan lebih baik dari yang di Jogja. Tapi nanti kalau diproduksi banyak akan jauh lebih murah karena share cost," imbuhnya.

Ia berharap becak listriknya bisa menjadi contoh modifikasi bagi becak yang sudah ada untuk digunakan di tempat-tempat wisata di Jakarta. (evn)