Kodam Jaya Periksa Tiga Awak Kapal Karam di Kepulauan Seribu

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 00:49 WIB
Kodam Jaya Periksa Tiga Awak Kapal Karam di Kepulauan Seribu Ilustrasi kapal karam. (Foto: Reuters/Alan Kristofer Motus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Penerangan Kodam Jaya Letkol Inf. Kritomei Sianturi mengatakan tim investigasi tengah memeriksa tiga awak Kapal Motor Cepat (KMC) AD-16-05.
Pemeriksaan tersebut dilakukan guna mencari tahu penyebab tenggelamnya kapal tersebut di perairan Kepulauan Seribu.

"Hari ini baru awaknya saja, artinya kru kapal tersebut yang kita tanyai, kita ambil keterangannya," kata Kristomei saat dikonfirmasi, Selasa (13/3).

Pemeriksaan terhadap ketiga awak kapal tersebut dilakukan karena mereka dianggap sebagai pihak yang mengetahui bagaimana peristiwa tersebut terjadi.

Selain itu, kata Kristomei, ketiga awak kapal dinilai lebih mengetahui tentang kapal yang mereka awaki tersebut.

"Kok bisa sampai terjadi hal itu, bagaimana prosesnya, apakah semua prosedur sudah dilaksanakan, kan nanti investigasi yang akan menanyai lebih lanjut," tuturnya.

Di sisi lain, Kristomei menyampaikan sampai saat ini juga masih belum ada keputusan apakah bangkai kapal KMC AD-16-05 tersebut akan diangkat atau tidak.

Keputusan pengangkatan tersebut, kata Kristomei akan ditentukan oleh tim investigasi.

Nantinya, jika ada keputusan penarikan bangkai kapal, Kodam Jaya akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk melakukan penarikan bangkai kapal.

"Tidak hanya pemkab, tapi juga dengan Kolinlamil, Lantamal, artinya yang stakeholder yang punya kemampuan untuk itu," kata Kristomei.

Lebih lanjut, Kristomei juga menegaskan Kodam Jaya selalu rutin melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap kapal tersebut.

Tak hanya itu, ia pun menegaskan kapal tersebut laik jalan saat akan digunakan untuk memberangkatkan prajurit ke Pulau Pramuka.

"Tiba-tiba mesin mati, nah ini lah yang harus diselidiki oleh tim investigasi, ada apa gitu," kata Kristomei.

Pada Senin (12/3), Kapal Motor Cepat (KMC) AD-16-05 milik Kodam Jaya tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, sekitar pukul 11.10 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut


(arh)