FOTO: Warta Kelam Buruh Migran di Negeri Jiran

Antara, CNN Indonesia | Kamis, 15/03/2018 16:10 WIB

Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Shelter di KBRI Kuala Lumpur jadi salah satu tempat memotret suramnya akhir perjuangan para buruh migran Indonesia yang mencoba mengadu nasib di Malaysia.

Seorang perempuan melintas di depan spanduk di Bandara Sultan Abdul Aziz Shah, Kuala Lumpur, Malaysia. Desakan ekonomi keluarga kerap menjadi alasan WNI pergi keluar negeri mencari kehidupan baru dengan harapan mengubah nasib. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Sejumlah TKI berada di halaman KBRI, Kuala Lumpur, 1 Juli 2016. Sebagian TKI tergiur cerita-cerita tentang keberhasilan bekerja di luar negeri yang menjanjikan kehidupan layak berkecukupan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Seorang Buruh Migran perempuan berada di penampungan TKI di KBRI, Kuala Lumpur, Malaysia. Fungsi penampungan ini untuk melindungi WNI/TKI yang menghadapi masalah atau dalam proses penyelesaian masalah. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Para buruh migran yang berada di penampungan ini umumnya TKW yang masuk ke wilayah Malaysia tanpa dokumen lengkap sehingga tertangkap petugas imigrasi Malaysia. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Sejumlah perempuan Indonesia berada di penampungan TKI di KBRI, Kuala Lumpur. Selain TKI ilegal yang tertangkap otoritas Malaysia, di penampungan ini pun ada yang melarikan diri dari tempat mereka bekerja atau majikan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Dua buruh migran Indonesia berbincang saat berada di penampungan Tenaga Kerja Indonesia di KBRI, Kuala Lumpur, Malaysia, 30 Juni 2016. Para TKI, umumnya perempuan, kerap pada akhirnya jadi korban perdagangan orang secara tak sadar ketika hendak mengadu nasib di negeri jiran. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Di antara kemuraman karena masalah yang dihadapi buruh migran, TKI menghibur diri lewat catatan seperti catatan lagu yang terdapat di penampungan Tenaga Kerja Indonesia di KBRI, Kuala Lumpur, Malaysia. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Seorang Buruh Migran Wanita menunjukkan foto keluarganya yang sudah lama terpisah di Indonesia di penampungan Tenaga Kerja Indonesia KBRI, Kuala Lumpur, Malaysia. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Seorang buruh migran Indonesia menampilkan pose dengan latar papan peringatan di penampungan TKI di KBRI, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (30/6/16). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Sejumlah buruh migran perempuan keluar dari tempat penampungan TKI untuk pulang ke Indonesia di KBRI, Kuala Lumpur. Latar pendidikan yang rendah, serta kendala bahasa kerap menjadi salah satu alasan buruh migran Indonesia mendapatkan perlakuan minor di negeri jiran. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Sejumlah Buruh Migran menunggu pemulangan ke Indonesia di Bandara Sultan Abdul Aziz Shah, Kuala Lumpur. Harus ada kesadaran bahwa tidak selamanya bekerja di luar negeri bisa mengubah nasib dengan seketika. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)