Polisi Panggil Pengelola LRT soal Pipa Gas Bocor MT Haryono

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Kamis, 15/03/2018 15:58 WIB
Polisi Panggil Pengelola LRT soal Pipa Gas Bocor MT Haryono Polisi akan mengklarifikasi sejumlah dari pihak LRT dan saksi-saksi yang akan dipanggil terkait dengan bocornya pipa gas di Jalan MT Haryono. (CNN Indonesia/Marselinus Gual).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian akan memanggil pengelola proyek Light Rail Transit (LRT) untuk meminta keterangan terkait pengeboran yang mengakibatkan dua kali kebocoran pada pipa gas di  Jalan MT Haryono, Jakarta Timur.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan pemanggilan berkaitan dengan izin pengeboran yang dilakukan LRT. Belum dapat dipastikan kapan pemanggilan itu akan dilakukan.

"Bocornya pipa gas kami akan panggil beberapa saksi terutama LRT. Kami tanya kenapa melakukan pengeboran apakah sudah ada komunikasi dengan pihak lain, kemudian apakah ada rapat atau tidak, sudah steril atau tidak," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (15/3).


Bocornya pipa gas milik Perusahaan Gas Negara itu terjadi dua kali. Pertama terjadi pada Senin (12/3) akibat pengeboran tiang pancang proyek LRT yang dilakukan oleh PT Adhi Karya Tbk.

Polisi juga telah memeriksa enam saksi terkait insiden tersebut. Namun Argo tak menjelaskan siapa saja enam saksi yang telah diperiksa.

Belum kelar masalah pertama, selang dua hari kemudian kebocoran pipa gas kembali terjadi, tepatnya Rabu (14/3) malam. Lagi-lagi diakibatkan pengeboran tiang pancang.

Argo menjelaskan, pemanggilan pengelola LRT dan saks-saksi untuk mengklairifikasi sejumlah hal, salah satunya untuk mengetahui ada tidaknya rapat bersama atau koordinasi antarpihak terkait mengenai jaringan bawah tanah.

"Kami akan periksa apakah ada rapat bersama atau komunikasi, kan ada jaringan di bawah tanah. Masih kami periksa," ujarnya.

Kejadian bocornya pipa gas tersebut mengakibatkan arus lalu lintas sempat tersendat dan perjalanan TransJakarta koridor 9 Pinang Ranti-Pluit sempat terganggu.

Jalan MT Haryono juga sempat ditutup pasca kejadian. Arus lalin pun dialihkan dari arah Universitas Kristen Indonesia menuju Pancoran. (osc)