'Menteri Susi Suplai Jaring Cegah Sampah Pesisir Jakarta'

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Minggu, 18/03/2018 21:55 WIB
'Menteri Susi Suplai Jaring Cegah Sampah Pesisir Jakarta' Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyatakan gunungan sampah mencapai 19,3 ton menumpuk di kawasan Hutan Mangrove, Muara Angke, Pejaringan, Jakarta Utara. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah berembuk dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti untuk mencari solusi mengatasi tumpukan sampah di pesisir Utara Jakarta.

"Saya sudah bicara dengan Bu Susi soal (solusi) sampah ini," kata Anies.

Adapun solusi yang dimaksud yakni soal pemasangan jaring di sepanjang sungai di Jakarta.


Dalam pembicaraannya dengan menteri asal Pangandaran, Jawa Barat itu diakui Anies terkait penyediaan jaring yang akan digunakan untuk menyaring sampah dan bisa diberikan pihak KKP.

"Kami akan mendapatkan jaring-jaring juga nanti dari kementerian, dari KKP," kata Anies.

"Jaring ini yang nanti akan dipakai untuk menghentikan sampah-sampah agar tidak mengalir ke muara," imbuhnya.


Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyatakan gunungan sampah mencapai 19,3 ton menumpuk di kawasan Hutan Mangrove, Muara Angke, Pejaringan, Jakarta Utara.

Dalam catatan Anies produksi sampah di DKI Jakarta mencapai 7.000 ton dalam satu hari. Dia kini mencari cara untuk mencegah sampah warga DKI tak tercecer hingga ke kawasan pesisir Jakarta Utara.

Anies juga menghimbau daerah penyangga Ibu Kota bisa ikut membantu membersihkan sungai agar terbebas dari sampah yang bisa mengalir ke laut.

"Jadi dari hilir, tengah sampai ke hulu semua bersihkan. Semua daerah ikut," kata dia.

Pemprov DKI melalui dinas lingkungan dan kebersihan kini tengah mengangkut tumpukan sampah yang ada di pesisir Jakarta Utara. Sampah-sampah tersebut diangkut dan dipindahkan ke truk yang ada di dermaga, untuk kemudian dibawa ke tempat pembuangan sampah di Bantargebang, Bekasi.

(gil)