Airlangga Yakin Mahyudin Tak Akan Melawan Golkar

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 19:06 WIB
Airlangga Yakin Mahyudin Tak Akan Melawan Golkar Airlangga Hartarto membantah Waka MPR Mahyudin akan menggugat Golkar. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menemui Ketua MPR Zulkifli Hasan untuk membahas pergantian Wakil Ketua MPR jatah fraksi Golkar dari Mahyudin ke Titiek Suharto.

Namun demikian, Airlangga menampik Mahyudin akan menempuh jalur hukum kecewa dengan keputusan pergantian itu. Pasalnya, dalam pertemuan dua hari lalu dengan Mahyudin, ia berkata tidak ada rencana dan ancaman tersebut.

"Tidak ada itu. Ini ngarang-ngarang saja. Saya dua hari lalu ketemu Pak Mahyudin tidak begitu," ujarnya di Rumah Dinas Ketua MPR di Jalan Wijaya Candra, Jakarta, Senin (19/3).



Airlangga berkilah, dalam pertemuan hari ini, belum ada kesepakatan resmi soal pergantian Mahyudin. Ia mengaku hanya berkonsultasi dengan Zulkifli terkait mekanisme pergantian tersebut.

Sebelumnya Mahyudin mengancam akan menempuh jalur hukum jika posisinya saat ini diganti secara paksa. Sebelumnya Golkar telah menunjuk Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Suharto untuk menggantikan Mahyudin sebagai Wakil Ketua MPR.


"Ya kalau (pergantian) bertentangan dengan hukum tentu proses secara hukum," ujar Mahyudin di Gedung MPR, Jakarta, Senin (19/3).

Mahyudin menuturkan Pimpinan MPR tidak bisa diganti secara sepihak dengan dasar keputusan partai, salah satunya atas dasar rotasi kepengurusan. Layaknya kepala daerah, Mahyudin menilai posisi Pimpinan MPR merupakan jabatan yang diperoleh melalui mekanisme pemilihan. (DAL)