Pemprov DKI Periksa CCTV Usut Pembuang Kulit Kabel

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Kamis, 22/03/2018 05:32 WIB
Pemprov DKI Periksa CCTV Usut Pembuang Kulit Kabel Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku telah memeriksa CCTV yang ada di sekitar Balai Kota guna menemukan pelaku pembuangan kulit kabel ke gorong-gorong yang ada di jalur ring satu Jakarta itu.

"(CCTV) kami lagi review, dan kami juga lihat untuk pastikan bahwa siapa oknumnya yang melakukan itu," kata Sandi di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (21/3).

CCTV itu diakui Sandi akan digunakan sebagai alat bukti laporan kepada pihak kepolisian.


"Kami lapor ke polisi itu beserta rekaman CCTV-nya," kata Sandi.

Pemprov DKI belum melapor ke polisi soal temuan kulit kabel sebanyak kurang lebih 12 kubik di gorong-gorong dekat Balai Kota di Jalan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Sandi menyebut pihaknya perlu mengumpulkan berkas dan pemeriksaan lebih lanjut sebelum melaporkan temuan soal kabel ini ke kepolisian.

"Masih kami evaluasi dulu, nanti kalau sudah lengkap berkasnya kami segera laporkan," kata Sandi.

Sandi pun menegaskan soal kabel ini bukan sabotase. Dia menduga pembuangan kulit kabel tersebut dilatari pertimbangan ekonomis.

Pelakunya, kata Sandi tak ingin pusing dengan biaya pemeliharan sampah dan pembuangan kulit kabel yang jauh. Maka bekas pakai itu pun mereka buang di gorong-gorong.

"Ini polanya ekonomis. Kan, kalau mesti buang ke tempat semestinya jauh serta mahal. Jadi mereka buang saja ini di gorong-gorong," kata Sandi. (wis/wis)