Jokowi Bantah Sentil Hary Tanoe Lewat Mars Perindo

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 21/03/2018 22:07 WIB
Jokowi Bantah Sentil Hary Tanoe Lewat Mars Perindo Joko Widodo saat membuka rapimnas Partai Perindo di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (21/3). (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo membantah pernyataannya mengenai mars Partai Perindo merupakan sentilan terhadap partai yang dipimpin Hary Tanoesoedibjo itu.

"Saya apa adanya. Setiap menyetel TV, senangnya hiburan. Setel sini ada mars Perindo, ke sini ada Perindo. Makanya saya hafal," kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Rabu (21/3).

Sebelum membuka Rapimnas II Partai Perindo, Jokowi menyatakan ia hafal mars Partai Perindo. Hal itu disambut tawa seluruh kader, tamu, termasuk Hary Tanoe ketika mendengarnya.

Di sisi lain, mars Perindo menjadi permasalahan jelang tahun politik. Badan Pengawas Pemilu bahkan telah memeriksa Hary Tanoe kemarin terkait hal itu karena dinilai sebagai kampanye sebelum waktunya.

Jokowi kembali menegaskan pernyataannya sama sekali tidak berkaitan dengan kasus yang menimpa Perindo.

"Itu urusan Bawaslu. Saya hanya sampaikan kalau setel TV ketemu mars Perindo. Begitu saja. Modal Pak HT di situ," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq membantah iklan tersebut adalah bentuk kampanye. Menurutnya, video kampanye akan berbeda dari mars Partai Perindo.

Ia juga menyatakan iklan Perindo bukan untuk mempengaruhi persepsi politik masyarakat dan tidak melanggar peraturan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum.

Perindo dalam Rapimnas hari ini kembali menegaskan mendukung Jokowi sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2019 mendatang.

Selain peneguhan kembali dukungan terhadap Jokowi, Hary Tanoe menyebut rapimnas juga bertujuan untuk melakukan konsolidasi kepada seluruh kader Perindo dalam menghadapi pemilu 2019 mendatang. (wis/osc)