Prabowo Puji Megawati Perempuan Hebat di Kancah Politik

RZR, CNN Indonesia | Kamis, 22/03/2018 16:00 WIB
Prabowo Puji Megawati Perempuan Hebat di Kancah Politik Ketum Gerindra, Prabowo Subianto memuji Ketum PDIP sekaligus Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri sebagai perempuan hebat dalam kancah politik. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto memuji Ketua Umum PDIP sekaligus Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri sebagai salah satu perempuan hebat yang dapat berperan aktif dan berprestasi dalam kancah politik.

Hal itu ia sampaikan saat berpidato dalam konferensi 'Women Torchbearers and Pillars of Hope' di Hotel Milenium, Jakarta, Kamis (22/3).

"Setelah berperang demi bangsa, para wanita juga mengambil bagian dalam pemerintahan, salah satunya kita punya presiden perempuan Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Prabowo.



Tak hanya Megawati, Prabowo juga menyebut beberapa nama perempuan lainnya yang aktif di bidang pemerintahan setelah Indonesia merdeka seperti SK Trimurti, Maria Ulfah Santoso, dan Aisyah Amini.

"Hal ini menunjukan kekuatan perempuan setelah berperang demi bangsa, para wanita juga mengambil bagian dalam pemerintahan," ujar Prabowo,

Prabowo juga menekankan pentingnya peran perempuan dalam kehidupan berbangsa di Indonesia. Ia pun menyinggung soal para pahlawan perempuan yang sangat berarti dalam perjuangan mendapatkan kemerdekaan Indonesia.

Prabowo lantas menyebut nama Laksamana Malahayati sebagai salah satu wanita Aceh yang hebat dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Malahayati juga, kata Prabowo, dikenal sebagai satu-satunya perempuan yang menyandang gelar 'Laksamana' pertama sepanjang sejarah Indonesia.

Tak hanya itu, Prabowo juga menyebut nama pahlawan perempuan Indonesia seperti Cut Nyak Dien, Cut Meutia, Raden Dewi Sartika, Raden Ajeng Kartini, Nyi Agung Serang, dan Fatmawati yang merupakan representasi pahlawan perempuan tangguh yang dimiliki Indonesia.

"Kami juga ada fotonya bahwa perempuan Indonesia sangat menakutkan untuk melawan penjajah, mereka sangat kuat," kata Prabowo.


Lemah di Hadapan Ibunda

Di balik sosoknya yang 'galak' kala masih menjadi prajurit militer, mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) dan mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), itu mengaku kerap ditertawakan rekan-rekannya sesama prajurit karena lemah di hadapan ibunya.

"Semua pasukan saya tertawa di belakang saya. Karena saya sangat lemah di hadapan ibu saya," kata Prabowo yang kemudian disambut tawa para hadirin.

Prabowo menyatakan ibundanya, Dora Sigar, adalah sosok perempuan amat berpengaruh dalam kehidupannya.

Di samping itu, kini setelah menjadi pemimpin partai, Prabowo mengakui perempuan sangat berpengaruh dan penting untuk memiliki peranan di masyarakat dan pemerintahan. Baginya, seluruh parpol dan pemerintahan di seluruh dunia harus memasukan representasi perempuan dalam menjalanlan roda partai maupun roda pemerintahan.

"Kalau kita ingin membangun sebuah negara, kalau kita ingin memperkuat sebuah negara, kita harus melibatkan wanita," pungkasnya. (kid/gil)