Lalu Lintas Padat, Tol Jakarta-Cikampek Dibuat Lawan Arus

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Jumat, 30/03/2018 09:35 WIB
Lalu Lintas Padat, Tol Jakarta-Cikampek Dibuat Lawan Arus Tol Jakarta-Cikampek terpantau padat di libur panjang akhir pekan, Jumat (30/3). (Ilustrasi/CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Guna mengantisipasi kemacetan jelang libur panjang Paskah, PT Jasa Marga memberlakukan sistem lawan arus (contra flow) di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek.

Sistem rekayasa lalu lintas itu akan diberlakukan mulai dari ruas Cibatu kilometer 35 sampai Karawang Barat kilometer 47.




Lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek memang sudah terlihat padat, sementara sebaliknya lancar. PT Jasa Marga juga mengatakan, kepadatan di sekitar Bekasi Timur dan Cikarang Timur KM38 sudah terlihat sejak pukul 08.06 WIB.

"Kepadatan volume lalu lintas dampak dari penyempitan lajur proyek pekerjaan Jalur Tol Atas. Gunakan jalur alternatif," bunyi pernyataan Jasa Marga melalui Twitter.



Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa melaporkan lebih dari 70 ribu kendaraan dari arah Jakarta telah melewati ruas tol Jakarta-Cikampek sejak Kamis (29/3) malam.

"Kendaraan yang keluar (dari Jakarta) ada 70 ribu kendaraan," kata Royke seperti dikutip Antara, Jumat (30/3).

Dia mengatakan kepadatan di ruas tol tersebut terjadi di beberapa titik yakni pada KM10, KM16, KM36, KM37 hingga rest area, dan KM39.


Sementara itu, Jasa Marga mengatakan hingga pagi ini ruas tol Purbaleunyi menuju Bandung dilaporkan lancar.

Di sisi lain, Jasa Marga menginformasikan Gerbang Tol Ciawi menuju ke Puncak ditutup karena ada jalan longsor, kecuali ke Taman Safari.

Jalur Puncak dikabarkan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, sementara untuk kendaraan roda empat dan lainnya dialihkan menggunakan jalur alternatif. (Antara/rsa)