Santap Soto Solo, Jokowi Sebut Pentingnya Waktu bagi Keluarga

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 30/03/2018 15:15 WIB
Santap Soto Solo, Jokowi Sebut Pentingnya Waktu bagi Keluarga Presiden Joko Widodo bersama keluarga bersantap di kedai Soto Gading, Solo, Jumat (30/3). (Foto: Biro Pers Setpres/Kris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo alias Jokowi memilih untuk menghabiskan waktu libur panjang bersama keluarganya dengan makan soto di kota kelahirannya, Solo. Baginya, hal itu merupakan wujud kepedulian kepada keluarga.

Jokowi memilih restoran Kedai Soto Gading, di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo, sebagai tempat bersantap. Kedai ini sudah menjadi langganan Jokowi sejak masih menjadi Wali Kota Solo.

"Menikmati Soto Gading Solo bersama keluarga. Untuk saya, keluarga penting sekali karena mereka selalu memberikan semangat ketika kita menghadapi berbagai tantangan. Sesibuk apapun kita, selalu sempatkan waktu bersama keluarga," ucapnya, melalui akun Twitter-nya, Jumat (30/3).




Presiden datang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Jumat (30/3) pukul 08.23 WIB. Tampak hadir juga putra pertamanya Gibran Rakabuming beserta istrinya Selvi Ananda dan cucu pertama Presiden, Jan Ethes, serta Kahiyang Ayu bersama suaminya, Bobby Nasution.

Presiden Jokowi tampak mengenakan kemeja putih. Demikian juga dengan Gibran dan Selvi yang kompak mengenakan atasan berwarna senada. Sementara, Iriana dan Kahiyang mengenakan atasan bermotif batik.

Presiden Jokowi dan cucunya, Jan Ethes, berswafoto bersama warga, di kedai soto Gading, Solo, Jumat (30/3).Presiden Jokowi dan cucunya, Jan Ethes, berswafoto bersama warga, di kedai soto Gading, Solo, Jumat (30/3). (Foto: Biro Pers Setpres/Kris)

"Suasana hangat pun tampak ketika Presiden sekeluarga duduk satu meja menikmati soto yang disajikan," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dalam siaran persnya, Jumat (30/3).

Kehadiran Presiden di kedai yang sudah dioperasikan Siswo Martono sejak 1974 itu pun membuat kedai semakin ramai. Tidak sedikit masyarakat yang ingin berswafoto dan bersalaman dengan Presiden. Sambil menggendong Jan Ethes, Presiden pun dengan senang hati berfoto bersama masyarakat.

Selesai menyantap soto, Presiden dan keluarga pun meninggalkan kedai sekitar pukul 08.55 WIB.

Sebelumnya, Jokowi kerap memanfaatkan warung Soto Gading untuk bersantap bersama keluarga maupun dengan sesama politikus. Misalnya, ketika bersantap bersama Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saat isu kerenggangan hubungan keduanya menerpa, pada 2015.

"Ke soto Gading saja, mau makan disana," ungkap salah satu petinggi partai dari Koalisi Merah Putih, saat dikonfirmasi soal rencana kegiatan Jokowi, Sabtu (14/2/2015).

Presiden Joko Widodo (kanan), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarniputri (kiri), dan petinggi parpol pendukung pemerintah lainnya, di Soto Gading, Solo, 2015.Presiden Joko Widodo (kanan), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarniputri (kiri), dan petinggi parpol pendukung pemerintah lainnya, di Soto Gading, Solo, 2015. (Foto: HO)

Selain itu, Kahiyang dan Bobby juga menyempatkan diri untuk menjajal soto khas Solo itu beberapa hari jelang pernikahan mereka.

"Kemarin, Sabtu (4/11/2017), baru dari sini putri Jokowi yang mau nikah. Kalau Pak Presiden terakhir bulan lalu," ungkap Ardi, salah satu pelayan warung, Solo, pada Minggu (5/11).

(arh/arh)