Tumpahan BBM Picu Kobaran Api di Perairan Balikpapan

Antara, CNN Indonesia | Sabtu, 31/03/2018 12:49 WIB
Tumpahan BBM Picu Kobaran Api di Perairan Balikpapan Ilustrasi (Foto: China Central Television (CCTV) via REUTERS TV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Seksi Operasional Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas 1 Balikpapan Octavianto menginformasikan adanya kobaran api di Perairan Balikpapan, Kalimantan Timur pada Sabtu (31/3) siang.

Kejadian tersebut diduga berasal dari tumpahan bahan bakar minyak yang sumbernya masih belum diketahui. Tumpahan BBM terpantau terjadi sejak Sabtu pagi dan secara tidak terduga menimbulkan kebakaran pada pukul 11.00 WITA.

"Belum diketahui jumlah korban, karena masih dilakukan pengecekan di lapangan," ucapnya seperti mengutip Antara.


Hingga saat ini, tim gabungan dari KKP Balikpapan, kepolisian, Pertamina, TNI dan unsur terkait masih melakukan pemantauan dan pengecekan di sekitar lokasi. Hal itu dilakukan untuk memastikan penyebab tumpahan minyak, sekaligus mengecek kemungkinan adanya korban jiwa.

Melalui akun Twitter, Humas Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak membenarkan adanya kejadian tersebut. Kobaran api dan asap hitam diduga bersumber dari kapal tanker yang berada di Perairan Balikpapan.



Dari foto dan video yang beredar melalui WhatsApp, tampak kobaran api dan asap hitam mewarnai langit Perairan Balikpapan. Bukan hanya itu, air laut di area sekitar lokasi kejadian juga berubah warna menjadi kehitaman akibat terkena tumpahan BBM. (evn)


ARTIKEL TERKAIT