Arus Balik Paskah, Truk Dilarang Masuk Tol Cikampek 1-2 April

Wishnugroho Akbar, CNN Indonesia | Minggu, 01/04/2018 21:43 WIB
Arus Balik Paskah, Truk Dilarang Masuk Tol Cikampek 1-2 April Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Truk sumbu tiga atau lebih dilarang melintas di ruas tol Cikampek, Jawa Barat, saat arus balik libur panjang perayaan Paskah, 1 April, pukul 12.00 WIB hingga 2 April pukul 09.00 WIB.

"Jika masih ada truk yang kedapatan melintas nantinya akan dimasukkan ke dalam kantong parkir yang telah disediakan," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa di Jakarta, Minggu (1/4), seperti dikutip dari Antara.

Untuk itu, Royke mengimbau para pengemudi truk tidak memaksakan diri melintas di Tol Cikampek.


Meski demikian, selama kebijakan tersebut berlaku belum dilakukan penindakan terhadap truk-truk yang melanggar.

"Namun, jika terdapat pelanggaran tidak menutup untuk dilakukan penyetopan, penghalauan dan penindakan," katanya.

Royke menambahkan bahwa selama libur Paskah 30 Maret-1 April 2018, pihaknya tidak menerima laporan kecelakaan besar.

Pengelola tol Jakarta-Cikampek, PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik libur Paskah terjadi pada hari ini. Diperkirakan sebanyak 90 ribu unit kendaraan akan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Puncak arus balik libur Paskah 2018 diprediksi akan terjadi hari ini dengan peningkatan volume kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Cikarang Utama sebanyak 90.000 kendaraan," kata Humas PT Jasa Marga Dwimawan Heru di Bekasi.

Jumlah kendaraan itu mengalami kenaikan sekitar 19,66 persen dari kondisi normal sebanyak 75 ribu kendaraan.

Kemacetan pun terjadi di Tol Cikampek arah Jakarta, Minggu (1/4). Pengelola tol Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arah atau contraflow pada KM 50 hingga KM35.

"Contraflow kita mulai pukul 18.15 WIB dari KM50 sampai dengan KM35+600 arah Jakarta sebab saat ini terpantau kondisi lalu lintas arah Jakarta mulai ramai," kata Humas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Irwansyah di Bekasi, Jawa Barat.

Menurut dia, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi Kepolisian dengan menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu untuk keamanan pengendara.

Ada lima titik kemacetan di ruas tol Jakarta Cikampek pada arus balik kali ini mulai dari Cikampek sampai ke Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Lima titik kepadatan kendaraan itu berada di simpang susun Dawuan, rest area 62, rest area 52, rest area 42, dan rest area 46. Untuk titik simpang susun Dawuan kepadatan disebabkan oleh pertemuan arus lalu lintas Cipali dan Purbaleunyi.

Kemudian kepadatan rest area diakibatkan penyempitan badan jalan di sekitar pekerjaan proyek Jakarta-Cikampek Elevated II.

"Kami tempatkan petugas untuk mengatur lalu lintas di titik kepadatan. Mereka sudah bersiaga setiap terjadi kepadatan," kata Deputi General Manager Traffic Managemen Jasa Marga, Cece Kosasih. (wis)